oleh

Pemkab Tanggamus Siagakan Pos di Perbatasan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus menyiagakan empat posko pemantauan guna mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Lokasinya di perbatasan Pugung dengan Pringsewu,  tepatnya di Rest Area Pugung

Lalu pos pemantauan di Kecamatan Kelumbayan, berbatasan dengan Pesawaran; pos pemantauan di Kecamatan Ulubelu berbatasan dengan Lampung Barat dan pos pemantauan di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka berbatasan dengan Pesisir Barat.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus Iyen Mulyani mengatakan, empat pos tersebut dijaga tim gabungan. “Terdiri dari unsur TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan pihak kecamatan,” kata Iyen mewakili Kepala Pelaksana BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha.

Iyen menuturkan, seluruh kendaraan, baik dari atau menuju Tanggamus diperiksa. Termasuk pendataan terhadap penumpang.

“Yang kita khawatirkan, kendaraan tersebut dari daerah terkonfirmasi virus Corona, seperti Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah. Karena itu pemeriksaan terhadap penumpang dilakukan sedetil mungkin. Mulai dari suhu tubuh, riwayat perjalanan, daerah tujuan, hingga menanyakan apakah ada keluhan, seperti demam, batuk dan pilek,” papar Iyen.

Selain dari Pulau Jawa, kendaraan dari arah Sumatera yang melalui Tanggamus juga diperiksa. Baik dari Provinsi Bengkulu, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Medan.

Untuk kendaraan dari arah tersebut, dilakukan pemerikasaan di dua posko. Yakni posko Pekon Sedayu dan Pekon Datarajan, Kecamatan Ulubelu.

“Selain empat posko pantau untuk antisipasi pencegahan dan penyebaran virus Corona, kita siapkan sekretariat Gugus Tugas di depan kantor BPBD. Fungsinya sebagai pusat koordinasi Gugus Tugas dengan satker yang terlibat langsung dalam pencegahan Covid-19,” tegasnya. (iqb/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi