oleh

Diskes Tanggamus Kembali Pesan 100 APD

radarlampung.co.id – Dinas Kesehatan (Diskes) Tanggamus masih menunggu kiriman alat perlindungan diri (APD) lengkap untuk tenaga medis yang menangani pasien Covid-19 maupun terduga terpapar.

Sekretaris Diskes Tanggamus Taman Prasi mengatakan, pihaknya sudah memesan 100 APD lengkap. Terdiri dari baju pelindung, kaca mata, helm, masker, sarung tangan dan sepatu khusus.

“Kita sudah memesan kepada pihak penyedia. Tapi saat ini barang belum tersedia,” kata Taman Prasi mewakili Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat, Senin (6/4).

Dijelaskan, pemesanan 100 APD tersebut menggunakan dana tanggap darurat bencana yang tercover dalam APBD tahun 2020. “Ini pengadaan yang kedua. Sebelumnya Maret lalu kita pesan 110 APD yang dibagikan ke puskesmas, RSUD Batin Mangunang dan Diskes,” urainya.

Sementara Kabag Tata Usaha RSUD Batin Mangunang Budi M. Ghozali mengatakan, APD untuk tenaga medis masih mencukupi.

“Berdasar informasi dari bagian logistik penanganan Covid-19 RSUD Batin Mangunang, Insya Allah mencukupi untuk satu bulan ke depan. Untuk baju hazmat, kita punya 50 unit,” kata Budi mewakili Dirut RSUD Batin dr. Diyan Ekawati.

Dilanjutkan, APD lengkap hanya digunakan bagi petugas di ruang isolasi yang khusus menangani pasien positif Covid-19 maupun terduga. Sementara untuk ruangan lain seperti bagian screening mengenakan masker, handscoon, gaun medis sekali pakai, google, tutup kepala dan tutup sepatu.

“Petugas di bagian kasir dan resepsionis kenakan masker dan handacoon. Untuk keperluan APD bagi tenaga medis RS, Insya Allah cukup untuk satu bulan ke depan,” kata Budi. (ehl/ral/ais)

Komentar

Rekomendasi