oleh

Dua Sungai Meluap, Enam Rumah Terendam

radarlampung.co.id – Meluapnya dua sungai di Kecamatan Talangpadang, Tanggamus, Minggu malam (5/4) menyebabkan enam rumah terendam. Masing-masing tiga unit di Pekon Talangpadang dan Sinarpetir.

Menurut Herman, warga Pekon Talangpadang, banjir merendam rumah di Dusun Sukamandi. Ini disebabkan talud penahan di sepanjang sungai Way Tuba tidak mampu menahan debit air.

Tidak hanya memasuki pemukiman, air juga mengikis tanah di belakang rumah warga. “Di Pekon Talangpadang, ada tiga rumah yang terendam. Pohon bambu yang sejatinya sebagai penahan juga ikut terbawa arus sungai. Akibatnya jarak antara rumah penduduk dengan sungai sudah sangat dekat,” kata Herman.

Menurut dia, beberapa waktu lalu, peristiwa sama terjadi. Lebih parah. “Warga menjadi was-was. Harapannya normalisasi serta perbaikan talud penahan air,” ujarnya.

Sementara dalam waktu yang hampir bersamaan, tiga rumah warga di Pekon Sinarpetir terendam akibat luapan sungai Way Merabung.

“Begitu air masuk ke rumah, saya dan anak langsung menyelamatkan barang yang bisa dibawa, seperti ijazah dan dokumen kependudukan,” kata Yeyen, salah seorang warga yang kediamannya terendam.

Terpisah, Pj. Kepala Pekon Talangpadang Saptarita membenarkan kejadian tersebut. Menurutnya, luapan air terjadi karena tinggi talud tidak sebanding dengan debit air sungai. Selain itu, panjang talud kurang memadai.

Terpisah, Kepala BPBD Tanggamus Ediyan M. Thoha melalui Kabid Kedaruratan Edi Nugroho mengatakan, pihaknya akan turun ke lapangan untuk mengetahui persoalan tersebut. Saat ini tim BPBD tengah fokus di posko pantau Covid-19. (iqb/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi