oleh

Alhamdulillah, Pasien Sembuh Bertambah, Kini 7 Orang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kabar baik kembali datang dari pasien terkonfirmasi positif virus Corona (Covid-19) di Lampung. Usai pasien 03 yang sembuh dinyatakan pulang dan pasien 01 juga telah dinyatakan sembuh. Menyusul pasien nomor 4, 5, 6, 7, 8 dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Reihana mengatakan, penambahan tersebut karena hasil swab yang telah dilakukan pada pasien nomor 4, 5, 6, 7, dan 8 negatif. Bahkan ada pasien yang sudah meninggalkan ruang isolasi.

“Pasien sembuh 7 orang, 4, 5, 6, 7, 8 dan 1 dan 3. Saat ini pasien 5, 6, 7, dan 8 sudah meninggalkan rumah sakit karena mereka sebelumnya orang tanpa gejala tapi positif. Untuk pasien 01 sudah bisa dipulangkan besok, jadi kami punya 7 orang yang sudah sehat,” beber Reihana.

Dalam kesempatan ini Reihana berpesan pada semua masyarakat Lampung terkait sikap yang harus dilakukan saat mengetahui tetangganya dinyatakan positif covid-19. Reihana mengungkapkan hal yang perlu dilakukan ialah penggunaan masker.

“Saya kembali berpesan pada semua masyarakat jangan lupa pakai masker, karena masker dapat memutus rantai penularan dan berguna bagi anda dan saya. Dan bila tetangga anda positif covid-19 tidak perlu khawatir karena virus tidak bergentayangan dari rumah tetangga ke rumah anda,” ungkapnya.

Imbauan tak kalah penting, tetap menjaga jarak minimal 1,5 meter sudah cukup untuk menjauhkan dari virus. Maka Reihana mengajak masyarakat Lampung mematuhi peraturan pemerintah untuk melakukan social distancing.

Selanjutnya, virus juga tidak bisa terbang di udara. Virus berada di udara dari orang terinfeksi melalui bersin, batuk, berbicara dengan tidak menutup mulutnya atau tidak dengan etika batuk, namun tidak lama beranda di udara. Karena partikel air atau lendir mengandung virus akan turun.

“Virus hanya mengendap di benda mati dan tidak akan menyebar ke rumah anda. Virus juga tidak bisa berjalan,” tambahnya.

Maka, yang perlu dilakukan jangan masuk ke rumah tetangga positif tanpa masker. Selama tidak masuk rumah pasien positif maka tidak akan tertular. Kalau terpaksa masuk, jangan lupa pakai masker ditambah perlindungan lainnya. Sesudahnya segeralah mandi, pakai sabun, cuci baju tadi dengan sabun, karena sabun membunuh semua virus yang menempel.

Selanjutnya guna memastikan kondisi rumah pasien positif tetap terjaga, pastikan kebutuhan pokok mereka terpenuhi.

“Rajin untuk membersihkan lingkungan sekitar dengan disinfektan, jaga jangan sampai ada orang yang masuk tanpa kepentingan dan alat pelindung diri. Arahkan keluarga melakukan tata isolasi pasien agar tetangga keluarga lain tidak tertular. Jadi sangat penting isolasi mandiri, yang harus diingat pasien positif harus tetap di rumah, pakai masker, tidur terpisah, tempat makan terpisah, baju bekas pakai pun dicuci terpisah,” tandasnya. (rma/sur)

Komentar

Rekomendasi