oleh

Harus Ada SOP Terpadu Penanganan Covid-19!

radarlampung.co.id – Ketua DPRD Pesawaran M. Nasir meminta ada keterpaduan standar operasional prosedur (SOP) pada seluruh fasilitas kesehatan dalam pencegahan dan penanganan Covid-19. Setiap puskesmas juga direkomendasikan menyiapkan ruang isolasi awal dan ruang pendaftaran yang dibatasi kaca atau plastik.

“Ya, seharusnya begitu (SOP terpadu). Dari gugus tugas kabupaten hingga desa. Nah, Dinas Kesehatan merupakan garda terdepan. Mulai dari rumah sakit, puskesmas, dan puskesdes juga harus dilengkapi,” kata M.Nasir saat sidak di Puskesmas Tri Mulyo Tegineneng usai bhakti sosial PDI Perjuangan, Selasa (7/4).

Sidak diikuti anggota Komisi IV DPRD Pesawaran yang menjadi mitra Dinas Kesehatan. “Saya kira fasilitas dan peralatan di Puskesmas Tri Mulyo cukup baik untuk pengendalian virus Corona. Namun ada beberapa rekomendasi. Di antaranya ruang isolasi awal, ruang pendaftaran yang harus di-cut oleh kaca atau plastik,” tegasnya.

Bakal calon Bupati Pesawaran ini juga berharap agar UPT puskesmas mengintensifkan koordinasi dengan gugus tugas di desa. Seperti menindaklanjuti jika ada warga yang baru pulang kampung dan berasal dari daerah terpapar Covid-19.

Sementara KUPT Puskesmas Tri Mulyo dr. Virgi Anita mengatakan, hingga saat ini warga Tegineneng yang baru pulang kampung dan masuk dalam pemantauan 14 hari mencapai  500 orang

“Ada keluhan sekitar 20 orang dan selama tiga hari sudah kita observasi. Sudah membaik,” ujarnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi