oleh

Maksimalkan Pencegahan dan Pengendalian, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bentuk Posko Terpadu

radarlampung.co.id – Upaya pencegahan dan penanganan penyebaran Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) terus dilakukan oleh Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba). Komunikasi dan koordinasi lintas sektoral pun terus dioptimalkan. Untuk memudahkan langkah pengendalian tersebut,  Balai Sessat Agung Bumi Gayow di Komplek Islamik Center Kabupaten Tubaba dijadikan sebagai Posko Satgas Terpadu Gugus Tugas Pengendalian Covid-19.

Sekdakab Tubaba, Herwan Sahri, SH, M.AP seusai memimpin Rapat Gugus Tugas Terpadu Pengendalian Wabah Covid-19 wilayah Tubaba, mengatakan, segala persiapan telah dilakukan di posko tersebut.”Kita didampingi Kapolres Tubaba dan Wakapolres sudah meninjau  posko tersebut. Satgas juga telah membentuk dua posko yaitu Posko Statis dan Posko Dinamis yang berfungsi sebagai posko pengendalian terpadu,”ungkapnya kepada wartawan, Selasa (7/4/2020).

Di posko terpadu itu, lanjutnya, semua unsur akan berhimpun, mulai dari Pemda, Tenaga Medis, TNI, Polri, PMI, hingga Orari. Bahkan setiap pagi akan digelar apel secara rutin dengan dipimpin langsung oleh Bupati, Kapolres dan Dandim.”Saat Apel semua wajib hadir, Posko Statis dan Dinamis besok pagi (Rabu, 8/4/2020) akan menggelar apel di posko terpadu di Sessat Agung dan akan dihadiri sekitar 150 hingga 200 orang Satgas dari semua unsur,”terangnya.

“Mulai besok juga, Posko Terpadu itu akan dioperasikan dengan menggerakkan Satgas Posko Statis dan Dinamis. Perhari, akan ada 42 orang yang bertugas secara bergantian dengan 3 sip atau per 8 jam. Di samping itu,  Posko Satgas Gugus Tugas Tubaba juga membentuk 14 Posko di setiap Puskesmas di seluruh Kecamatan se Kabupaten Tubaba,”tandasnya.

Sekda menegaskan, semua program pencegahan penyebaran virus corona di wilayah Tubaba akan terus dilakukan, mulai dari sosialisasi, patroli informasi, patroli malam, hingga pembagian masker untuk masyarakat yang beraktivitas diluar rumah.  Herwan Sahri juga menambahkan bahwa Satgas Gugus Tugas Tubaba telah dilakukan revisi dari struktur satgas sebelumnya, dan saat ini Ketuanya adalah Bupati Tubaba,  Wakil Ketua yakni Dandim dan Kapolres, dan sebagai Sekretaris adalah Sekdakab. Hal ini merujuk pada edaran Mendagri. (fei/rnn/ang)

Komentar

Rekomendasi