oleh

UTBK Dijadwalkan Juni, Bersiaplah!

RANDARLAMPUNG.CO.ID – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah menjadwalkan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada awal Juni mendatang. Perubahan jadwal ini tertuang dalam Surat Edaran Tim Pelaksana LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 tertanggal 6 April 2020.

Humas Badan Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung (Unila) M. Komarudin mengungkapkan, berdasarkan SE LTMPT tersebut, jadwal pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilakukan secara bersamaan mulai 2 -20 Juni 2020.

“Sedangkan pelaksanaan UTBK pada 5-12 Juli, dan pengumuman SBMPTN pada 25 Juli,” ujarnya, Selasa (7/4).

Kemudian, lanjutnya, ada beberapa perubahan dalam pelaksanaan UTBK 2020, yakni materi tes yang diujikan adalah tes potensi skolastik, yaitu tes yang digunakan untuk mengukur potensi yang ada pada diri yang bersangkutan. 

“Tesnya memang hanya TPS saja, TPS sendiri terdir dari 4 sub tes. Lalu peserta hanya diizinkan maksimal mengambil satu kali tes. Tes dilaksanakan sebanyak 4 sesi di setiap harinya,” imbuhnya.

Komarudin menjelaskan, pendaftaran UTBK dan SBMPTN memang secara bersamaan waktunya. Dari penjelasan panitia pusat LTMPT, saat mendaftar, selain harus pilih pusat UTBK, calon mahasiswa juga harus mengisi pilihan PTN dan Prodi.

“Jadi calon mahasiswa sudah memilih PTN dan prodi yang diinginkan tanpa tahu nilai UTBK terlebih dahulu,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi