oleh

SMP Tunggu Kebijakan Pelaksanaan US, SMA Tunggu Pengumuman

RANDARLAMPUNG.CO.ID – Ujian sekolah (US) untuk kelulusan dapat dilakukan secara daring, pemberian tugas, maupun portofolio nilai rapor, dan ujian sekolah untuk menentukan kelulusan siswa. Hal ini disebutkan dalam Surat Edaran Mendikbud RI Nomor 4 tahun 2020.

Namun, untuk jenjang SMA, SMP maupun SD yang tidak melaksanakan ujian nasional karena menghindari penyebaran covid-19, bisa melakukan ujian sekolah secara daring tanpa harus mengumpulkan siswa di dalam satu kelas bagi yang belum melakukan ujian sekolah.

Ketua MKKS SMP Kota Bandarlampung M. Badrun menuturkan, untuk ujian sekolah bagi SD dan SMP di Kota Bandarlampung, pihaknya belum bisa membeberkan ujian seperti apa yang akan digunakan. Sebab, kebijakan tersebut berada di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandarlampung.

“Itu kebijakannya dari pak menteri kita ikut kebijakan dari Pak Menteri. Kebijakan seperti apa di Kota Bandarlampung, kita tengah menunggu edaran resmi dari dinas. Kita tetap tunggu tindaklanjut dari dinas pendidikan kota seperti apa. Paling tidak dalam waktu dekat ini,” katanya, Selasa (7/4).

Terpisah, Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung Suharto menuturkan, untuk jenjang SMA sudah melaksanakan ujian sekolah yang diselenggarakan sebelum SE Mendikbud keluar.

“Sudah kita laksanakan sebelum UN, dan sebelum SE tersebut keluar. Tingkat SMA sudah kita laksanakan semua,”ujarnya.

Dengan ujian sekolah yang sudah dilaksanakan, tentunya akan menjadi salah satu syarat untuk menentukan kelulusan siswa, selain dari nilai rapor semester satu sampai semester lima.

“Justru nilai sekolah menjadi salah satu syarat untuk kelulusan. Berdasarkan dari pedoman yang lama, ada tiga penentu kelulusan, yaitu menyelesaikan program pembelajaran, berkelakuan minimal baik, dan harus mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, ya ujian sekolah itu,”jelasnya.

Ia menambahkan, sesuai dengan pedoman yang lama, pengumuman kelulusan tingkat SMA sederajat dijadwalkan pada tanggal 2 Mei mendatang.

“Tetapi itu kan pedoman yang lama, kalau yang baru kita belum tahu. Kalau tidak ada perubahan, tidak ada informasi terbaru dari pusat terkait jadwal pengumuman, ya tanggal 2 Mei itu kita umumkan. Ya kita tunggu informasi terbaru,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi