oleh

SNMPTN Diumumkan, Kini Maba Wajib Tunggu Verifikasi

RANDARLAMPUNG.CO.ID – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan kelulusan penerimaan mahasiswa baru jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2020. Sebanyak 96.496 siswa seluruh Indonesia lolos jalur SNMPTN tahun 2020.

Humas Badan Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung M. Komarudin mengatakan, jumlah calon mahasiswa baru Unila yang lolos melalui jalur SNMPTN sebanyak 1.413 orang. Sedangkan, jumlah kuota yang disediakan pada jalur tersebut sebanyak 1.419 kursi.

“Ya, sudah diumumkan, sebanyak 1.413 calon maba yang diterima di Unila pada SNMPTN tahun 2020 ini. Jumlah tersebut memang lebih sedikit dibandingkan kuota yang disediakan Unila,” ujarnya, Rabu (8/4).

Dijelaskannya, setelah calon maba dinyatakan lulus seleksi SNMPTN, mereka akan mengisi sistem informasi data mahasiswa (sidakma) di laman sidakma.unila.ac.id untuk mengisi kesanggupan secara ekonomi. Jadwal pengisian sidakma dimulai pertengahan hingga akhir April.

Kemudian, juga akan dilakukan proses verifikasi terhadap calon maba untuk mengetahui dan mengecek kebenaran data-data yang digunakan untuk seleksi SNMPTN.

“Nanti juga akan dilakukan verifikasi data, tapi karena sedang covid-19 yang melarang untuk perkumpulan dalam skala besar, dan harus physical distancing maka calon maba tidak bisa hadir. Sehingga proses verifikasi direncanakan pada Juni,” katanya.

Ia menambahkan, meskipun calon maba sudah dinyatakan diterima secara nama yang sudah terdaftar, namun belum bisa registrasi sampai dinyatakan lolos verifikasi tersebut.

“Misalkan, ada indikasi markup nilai, atau rapor palsu. Tentu kita akan verifikasi itu. Jadi registrasinya tetap menunggu proses verifikasinya,” terangnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi