oleh

Rp6 M untuk Penanganan Covid-19 Dari Dana Desa

radarlampung.co.id – Total anggaran pengendalian penyebaran Covid-19 yang direalokasi dari dana desa mencapai Rp6 miliar. Penganggaran tersebut menindaklanjuti Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 440/2703/SJ tanggal 2 April 2020 tentang Penanggulangan Dampak Covid-19 di Desa,

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pesawaran Zuriadi mengatakan, sebelumnya beberapa desa sudah mengalokasikan dana penanganan bencana. Anggaran diambil dari pos jenis belanja tak terduga pada bidang penanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak desa.

“Kita sudah buat surat edaran ke seluruh desa untuk melakukan perubahan APBDes. Dari 144 desa, sudah merealokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 dengan total Rp6 miliar. (Dana) masing-masing desa bervariasi,” kata Suriadi, Kamis (9/4).

Menurut dia, seluruh desa segera merubah RKPDes bersamaan dengan perubahan APBDes bersama BPD setempat. Kebutuhan tanggap darurat Covid-19 sesuai dengan kewenangan di desa, seperti membentuk relawan desa lawan Covid-19, sosialisasi pencegahan penyebaran Covid-19, penyemprotan disinfektan secara berkala, menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun di setiap desa dan belanja alat kesehatan.

“Bisa juga untuk membeli alat pelindung diri seperti masker, baju pelindung diri bagi tenaga kesehatan di Poskesdes, thermogun, operasional tenaga relawan dan lainnya sesuai kewenangan desa,” tegasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi