oleh

Sispamkota Antisipasi Rusuh dan Penjarahan saat Pandemi Covid-19

radarlampung.co.id – Polresta Bandarlampung menggelar tactical floor game (TFG) Sispamkota Operasi Aman Nusa II Krakatau dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Langkah ini untuk mengantisipasi dan menghadapi kemungkinan kerusuhan maupun penjarahan di tengah masyarakat.

Kegiatan itu dipimpin Kapolresta Bandarlampung Kombes Yan Budijaya, dihadiri Wali Kota Herman HN, Dandim O410/KBL Kol Inf. Romas  Herlandes,  Kajari Yusna Adia dan perwakilan instansi lain.

Dalam arahannya Yan Budi mengatakan, terkait perkembangan Covid-19 di Bandarlampung, diperlukan langkah-langkah persiapan serta persamaan persepsi dengan semua instansi.

“TFG ini bertujuan menyamakan persepsi cara bertindak anggota pada saat di lapangan. Selain itu sebagai antisipasi penyebaran virus Corona yang semakin memuncak dan bisa saja menjadikan situasi kontijensi. Baik penyebaran virus ataupun ancaman kamtibmas lainnya seperti kelangkaan BBM, sembako, bahkan konflik sosial. Karena itu perlu kesiapan apabila situasi menjadi tidak terkendali,” tegas Yan Budi.

Menurut dia, upaya ini juga dilakukan jika hal buruk seperti penjarahan terjadi di Bandarlampung. “Kemungkinan terburuknya, akan terjadi penjarahan di berbagai wilayah. Karena itu perlu sinergitas antara TNI/Polri serta unsur pemerintah dalam menangani setiap perubahan situasi kontijensi secara cepat agar dapat diantisipasi sedini mungkin,” tandasnya.

Salah satu contoh yang sudah pernah terjadi yakni pencurian di SDN 1 Palapa Bandarlampung. Itu terjadi saat KBM diliburkan. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi