oleh

Lewat Seleksi Ketat, 3.998 Calon Mahasiswa Lulus UIN Raden Intan Lampung

Radarlampung.co.id – Peminat Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung melalui Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagaman Islam Negeri (SPAN-PTKIN) sebanyak 15.561 siswa. Sedangkan saat diumumkan hanya 3.998 calon mahasiswa yang berhasil lulus melalui jalur prestasi tersebut di UIN Raden Intan Lampung.

Wakil Rektor I UIN Raden Intan Lampung Dr Alamsyah mengatakan, calon mahasiswa yang lulus tersebut merupakan hasil seleksi ketat yang dilakukan oleh panitia nasional. Terlihat, dari belasan ribu yang mendaftar, hanya sekitar 3 ribuan yang berhasil lulus. Ia menyampaikan, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus selanjutnya harus melakukan registrasi ulang.

“Registrasi ulang ini dilakukan oleh calon mahasiswa dengan mengisi data dan mengunggah dokumen pada aplikasi di web UIN. Data ini salah satunya untuk menentukan besaran UKT (Uang Kuliah Tunggal, Red) nantinya,” ujarnya, Sabtu (11/4).

Ia menjelaskan, entry data dan unggah dokumen dapat dilakukan mulai tanggal 15 hingga 30 April pada laman https://aplikasi.radenintan.ac.id/ukt_kelulusan dengan Username menggunakan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM). NPM masing-masing calon mahasiswa dapat dilihat pada data kelulusan SPAN-PTKIN di webiste UIN.

Kassubag Humas UIN Raden Intan Lampung Hayatul Islam menambahkan, petugas akan langsung melakukan verifikasi secara online sejak mulai daftar ulang pada tanggal 15 april mendatang. Ia mengatakan, verifikasi berkas lebih untuk penentuan besaran UKT. Serta verifikasi berkas juga akan melalui online dan offline dengan kunjungan langsung yang bersangkutan ke kampus.

“Jadi ini boleh disebut sebagai daftar ulang tahap I, salah satu tujuannya adalah untuk penetapan UKT. Setelah penetapan baru daftar ulang tahap II yaitu pembayaran UKT, ditahap inilah baru benar-benar resmi menjadi mahasiwa UIN RIL. Karena bisa saja dari 3.998 yang lulus ini, tidak melakukan daftar ulang,” paparnya.

Kemudian, lanjutnya, informasi terkait besaran dan waktu pembayaran UKT, akan diumumkan kemudian dengan memperhatikan edaran pemerintah tentang situasi pandemi covid-19 di Indonesia.

Sebelumnya, UIN Raden Intan akan menerima sekitar 3000 mahasiswa pada jalur SPAN-PTKIN. Sementara, total mahasiswa baru yang akan diterima sekitar 6000 orang dari tiga jalur masuk universitas islam negeri.(rls/rur/wan)

Komentar

Rekomendasi