oleh

Tanggul Way Belu Terkikis, Warga Was-was Banjir Datang

radarlampung.co.id – Warga yang tinggal di pinggiran sungai Way Belu, Pekon Bandarkejadian, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus was-was. Pasalnya pembangunan bronjong di lokasi tersebut belum bisa direalisasikan tahun ini. Artinya, banjir masih mengancam pemukiman.

Kepala Bidang Pengairan Dinas PUPR Tanggamus Dadang mengatakan, belum ada anggaran untuk perkuatan tebing di Sungai Way Belu tahun ini.

“Sepertinya belum ada anggaran untuk perkuatan tebing di Sungai Way Belu,” kata  Dadang dikonfirmasi Radarlampung.co.id.

Menurut Dadang, pihaknya belum mendapat laporan terkait terkikisnya tanggul sungai Way Belu di Pekon Bandarkejadian serta rumah warga yang nyaris hanyut. Meski begitu, ia meminta aparat pekon mengusulkanya (pembangunan bronjong, Red) ke Bidang Pengairan Tanggamus.

“Buat saja proposalnya. Nanti kita upayakan agar bisa dianggarkan tahun depan,” ujarnya.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanggamus sudah menurunkan alat berat untuk membenahi sungai Way Belu.

Sarifudin, salah seorang warga Pekon Bandarkejadian mengaku, pembangunan tanggul darurat oleh BPBD tersebut tidak sampai dilakukan di pekon tersebut. Hanya di sekitar Bendungan Way Belu dan Pekon Negarabatin.

“Sekarang tanggulnya sudah terkikis lagi. Pembangunan tanggul daruratnya tidak sampai sini. Sekarang alat berat sudah ditarik,” kata dia. (uji/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi