oleh

BTPN Syariah Bantu IRT Produktif


radarlampung.co.id – PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah Tbk (BTPN Syariah), menjadi satu-satunya bank di Indonesia yang melayani keluarga prasejahtera produktif unbankable melalui program Pembiayaan Tepat yang digalakan sejak 2019, lalu.

Business Coach Sumatera I Bank BTPN Syariah, I.M Soekarno mengatakan, program ini, diperkenalkan melalui para Community Officer (CO) yang turun langsung ke beberapa daerah, untuk memberikan literasi keuangan bagi ibu-ibu yang ingin berkembang menjadi pengusaha. 

“Kami sengaja memberikan program ini kepada ibu-ibu yang ingin berkembang dengan harapan ibu-ibu ini nantinya bisa membantu para suami untuk dapat memberikan tambahan penghasilan,“ katanya kepada radarlampung.co.id, Senin (13/4).

Dia melanjutkan, program Pembiayaan Tepat, memang sengaja dirancang untuk para ibu rumah tangga yang memiliki berbagai kelebihan. Berlandaskan berani berusaha, disiplin, kerja keras dan saling bantu, BPTN Syariah tidak menerapkan sistem angguna atau jaminan usaha.

“Kita juga tidak menerapkan BI checking disini, kami hanya melakukan proses perifikasi, kalau memang nasabah tidak memiliki masalah pinjaman insyallah bisa memanfaatkan Pembiayaan Tepat ini,“ katanya lagi.

Adapun maksimal pinjaman yang diberikan yakni sebesar Rp2 juta untuk ibu rumah tangga yang belum memiliki usaha, dan di atas Rp3 juta untuk ibu rumah tangga yang sudah memiliki usaha. Sementara untuk tenor yang diberikan yakni selama 1 sampai 2 tahun.

Bagi nasabah yang belum memiliki usaha juga nantinya akan diikutkan dalam program PDK (pelatihan dasar keanggotaan), dimana CO akan memberikan bimbingan atau pembinaan terkait usaha apa yang bisa mereka jalani nantinya. Nasabah juga akan diberikan wawasan untuk memanajemen penghasilan.

“Jadi setelah mereka mendapatkan dana pinjaman juga tidak dilepas begitu saja. Nilai pinjaman juga bisa ditingkatkan jika nasabah dinilai telah berhasil menjalankan usahanya dengan baik,“ tambah dia.

Di samping itu, Soekarno juga mengatakan, BTPN Syariah juga mengikuti peraturan pemerintah terkait pemberian keringan pinjaman kepada nasabah yang terdampak penyebaran Covid-19. “Namun dalam pelaksanaannya memang butuh proses, dan kita punya beberapa penilaian untuk dapat memberikan relaksasi kredit tersebut,“ katanya.

Sebagai bentuk kepeduliannya yang lain, BTPN Syariah melalui Peogram Tepat Peduli juga memberikan berbagai bantuan di 1000 titik se Indonesia yang telah dijalankan mulai awal tahun 2020 ini.

Antara lain seperti bantuan penyaluran air bersih, pembangunan TPA, pembangunan taman bacaan anak, pendirian toilet umum dan beberapa bantuan lainnya. “Sebagian bantuan sudah kita salurkan, sementara sisanya saat ini masih dalam proses pengerjaan,“ pungkasnya. (Ega/yud)

Komentar

Rekomendasi