oleh

Tahun ini, Dana Kelurahan Tak Jelas

radarlampung.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, belum dapat memastikan ada atau tidaknya dana kelurahan ditahun 2020 ini.

Kepala Badan Perencanaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bandarlampung, Wilson mengatakan, hingga bulan April ini, pihaknya belum menerima kabar akan ada pencairan dana kelurahan dari pemerintah pusat.

“Tahun 2020 ini saya nggak tahu ada atau tidaknya dana kelurahan. Kalau Dana Desa kan katanya sudah cair. Tapi kalau Dana Kelurahan belum ada kabar sama sekali,” ungkap Wilson, Senin (13/4).

Namun, beberapa waktu lalu, Wilson mendapat kabar Dana Kelurahan akan Cair pada akhir Maret 2020. Akan tetapi, dikarenakan ada bencana Virus Corona (Covid-19), Dana tersebut urung dicairkan.

“Waktu itu sih katanya akhir Maret, tapi sampai sekarang belum cair-cair. Saya juga nggak tahu kenapa. Mungkin masih fokus menghadapi Covid-19 ini,” katanya.

Dia memastikan, terkait laporan pertanggungjawaban (LPj) dana kelurahan seluruh kecamatan yang ada di Kota Bandarlampung tidak ada masalah dan sudah diserahkan ke pusat. “Tidak ada masalah, semuanya sudah disetahkan ke pusat,” ucapnya.

Perlu diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung untuk tahun anggaran 2020 mendapat kucuran dana kelurahan sebesar Rp46 miliar lebih, akan dibagikan secara merata ke 126 kelurahan sebesar Rp370 juta per kelurahan se-Kota Tapis Berseri.

Meskipun nilainya sama seperti tahun sebelunnya. Namun, untuk tahun 2020 proporsinya berubah menjadi 95:5 persen. Artinya 95 persen dana digunakan untuk pembangunan sarana dan prasaran. Sementara, 5 persen untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat. (red/yud)

Komentar

Rekomendasi