oleh

Fix, Penilaian Akhir Semester Secara Daring

RADARLAMPUNG.CO.ID – Penilaian akhir semester (PAS) bagi jenjang SMA/SMK/SLB di Lampung akan dilakukan secara online atau daring. Secara otomatis penyelenggaraan penilaian akhir semester tersebut akan dilaksanakan masing-masing sekolah berdasarkan sarana dan prasarana yang mendukung.

Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung Suharto mengatakan, setelah melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung serta kepala sekolah, dihasilkan keputusan untuk menggunakan sistem daring pada pelaksanaan penilaian akhir semester.

“Untuk saat ini, kelas X dan XI masih ada kegiatan pembelajaran dan nanti akan ditutup dengan penilaian akhir semester. Kita sepakat, penilaian akhir semester kelas X dan XI menggunakan sistem daring yang diselenggarakan sekolah masing-masing,” ujarnya, Selasa (14/4).

Suharto menuturkan, pelaksanaan penilaian akhir semester secara daring tersebut sesuai SE Mendikbud RI nomor 4 tahun 2020, dan ditekankan lagi oleh Kepala Disdukbud Lampung agar menggunakan sistem daring untuk penilaian, sehingga tidak terjadi perkumpulan di sekolah.

“Kita sesuai arahan bapak kepala Dinas Pendidikan pada waktu rakor, untuk penilaian akhir semester menggunakan sistem daring. Di mana penilaian menjadi kewenangan sekolah, setiap sekolah punya cara-cara sendiri. Jika tidak memungkinkan menggunakan online murni kan masih banyak sistem daring lainnya yang bisa digunakan,” ucapnya.

Pada prinsipnya, lanjutnya, pembelajaran berbasis daring tetap berjalan, dan pelaksanaan penilaian akhir semester juga tetap dilakukan secara daring.

“Silahkan sekolah mengkreasi sesuai capaian yang ingin dicapai kita bersama,” tukasnya.

Terpisah, Sekretaris MKKS SMA Provinsi Lampung Hendra Putra menambahkan, masing-masing sekolah bisa maksanakan penilaian akhir semester kemungkinan pada 11 Mei mendatang.

“Kalau daring kan tidak serentak lagi, jadi kemungkinan sekolah sudah bisa melaksanakan penilaian akhir semester mulai 11 Mei mendatang. Sebab, saat ini sedang menyelesaikan beban-beban materi pada semester genap ini,” ujarnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi