oleh

Awas, Jangan Abaikan Potensi Bahaya Banjir !

radarlampung.co.id-Di musim penghujan seperti sekarang, potensi bahaya banjir tetap mengintai. Karenanya, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya menghimbau warganya untuk tetap waspada. Selain itu, dirinya meminta BPBD Waykanan agar dapat siaga setiap saat untuk memberi bantuan warga terdampak bencana.

Dijelaskan Adipati, ada 8 kecamatan yang kerap terdampak banjir. Diantaranya, kecamatan Blambangan Umpu, Kecamatan Negeri Agung, Kecamatan Pakuan Ratu, Kecamatan Negara Batin Kecamatan Negeri Besar, Kecamatan Bahuga, kecamatan Bumi Agung dan sebagian Kecamatan Way Tuba.

“Tahun ini persiapan harus lebih dimatangkan sejak dini karena selain kita menghadapi bahaya banjir juga kita sedang menghadapi wabah yang lebih kompleks dan serius yakni wabah virus Corona. Untuk itu saya berharap semua camat yang daerahnya rentan akan bahaya banjir selalu menyiapkan tim khusus dengan berkoordinasi dengan kepala kepala kampung dan tim BPBD yang ada,” ujar Adipati Minggu (19/4).

Dari laporan yang diterimanya, banjir sudah terjadi di beberapa wilayah kecamatan Pakuan Ratu maupun Negara Batin. “Kepada semua pihak terkait saya minta untuk benar-benar mempersiapkan diri dan bagi masyarakat yang hidup dan menghidupi dirinya di bantaran sungai sungai besar di Way Kanan Sungai Umpu, sungai way Besay, Sungai way Tahmi Sungai way Giham dan sungai Way Kanan untuk bersiap-siap direlokasi si atau mencari tempat pengungsian,” katanya.

Terpisah Kalakhar BPBD Way Kanan, Bismijanadi SE, menyatakan pihaknya melalui tim reaksi cepat akan terus siaga. Terlebih menurutnya, banjir adalah bencana musiman. Sehingga masyarakat juga diharapkan lebih waspada. (sah/wdi)

Komentar

Rekomendasi