oleh

Gelar Musrenbang via Online, Bupati Pringsewu : Proses Penganggaran Harus Beriorientasi Rakyat

radarlampung. co.id-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pringsewu menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2021, Kamis (16/4).

Musrenbang kali ini digelar melalui video conference online dengan penerapan protokol kesehatan ketat. Musrenbang virtual ini dibuka Bupati Pringsewu H. Sujadi di ruang rapat bupati Pringsewu.

Sujadi didampingi Ketua DPRD Pringsewu Suherman, SE, Sekkab Pringsewu Drs.A.Budiman PM, MM, Kepala Bappeda A.Fadholi, M.Si. dan unsur Muspida.

Sedangkan para Asisten dan Staf Ahli Bupati dan Kepala Bagian berada di Ruang Rapat Sekdakab Pringsewu. Sementara para Kepala OPD dan Camat mengikuti Musrenbang dari kantor OPD masing-masing.

Bupati Pringsewu H.Sujadi  mengatakan Musrenbang RKPD merupakan tindak lanjut dari Musrenbang di Tingkat Pekon/Kelurahan dan Kecamatan, Forum Konsultasi Publik Rancangan RKPD, dan Forum Gabungan Perangkat Daerah.

“Di samping itu, proses penganggaran hendaknya juga lebih berorientasi pada rakyat dan prioritas untuk mencapai tujuan pembangunan daerah”, katanya.

Sesuai Perda No.11 Tahun 2017 Tentang RPJMD Kabupaten Pringsewu 2017-2022, lanjut bupati dengan tema Pembangunan Kabupaten Pringsewu 2021 yakni ‘Penguatan Infrastruktur Pelayanan Dasar dan SDM Yang Berkarakter Untuk Kesejahteraan Masyarakat’.

Pemkab Pringsewu  telah menetapkan lima program prioritas daerah. Yakni pembangunan infrastruktur pelayanan dasar dan pengembangan wilayah strategis , peningkatan kualitas SDM yang sehat, cerdas, dan berkarakter, pengembangan potensi unggulan daerah yang berdaya saing.

Selanjutnya pemantapan harmonisasi masyarakat dan lingkungan hidup, serta  pemantapan kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi. “Tema dan  prioritas pembangunan daerah tersebut ditetapkan untuk mewujudkan visi Kabupaten Pringsewu Bersahaja, yakni Berdaya saing, Harmonis, dan Sejahtera, menuju Rakyat Lampung Berjaya”, ujar H. Sujadi.

Pada kesempatan itu Sekprov Lampung Ir. H. Fahrizal Darminto  di dampingi Ka Bappeda  Lampung    Ir. Fredy SM, M.M.yang berada di Ruang Commad Center Dinas Kominfo  Lampung ,menyampaikan  bahwa Musrenbang ini merupakan bukti adanya komitmen dalam melaksanakan proses perencanaan pembangunan.

Terkait Pandemi Covid-19, Sekdaprov meminta seluruh pihak  untuk saling bersinergi dan bahu-membahu dalam menangani wabah Covid-19. Untuk  perbaikan jalan provinsi  ruas Pringsewu ke Lampung Tengah juga menjadi titik tekannya. Dimana tahun ini sudah ada penganggarannya dan semoga tak terpangkas. Sedangkan untuk   ruas jalan Pringsewu ke exit tol Natar menurutnya penyelesaiannya akan di lakukan oleh propinsi di tahun 2021 mendatang. (sag/wdi)

Komentar

Rekomendasi