oleh

Akhir April Lampung Dapat PCR, Kadiskes : Mampu Deteksi Dengan Akurasi Tinggi

radarlampung.co.id-Bakal hadirnya satu alat PCR (Polymerase Chain Reaction) dalam upaya mempercepat penanganan Covid-19 di Lampung sangat ditunggu. Terutama dalam melakukan pengecekan kepada orang-orang yang berpotensi terinfeksi virus corona.

Kadis Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan alat ini rencananya akan sampai di Lampung pada 29 atau 30 April mendatang. Meskipun belum dapat diketahui pasti keakuratannya, namun Reihana memgatakan alat PCR biasanya memiliki keakuratan yang sangat tinggi.

“Untuk PCR, karena alat belum ada (di Lampung) jadi kami belum bisa PCR. Sehingga belum bisa dihitung ketepatannya berapa persen. Kita tidak bisa mengira-ngira, kita akan lihat keakuratan datanya. Karena swab melalui PCR pada umumnya memiliki keakuratan sangat tinggi,” katanya.

Menurutnya, PCR punya tingkat akurasi mendekati 100 persen. Alat PCR bisa running 96 tes sekali running dalam waktu 90 menit. “Alat PCR didalam ekstraksi manual dan otomatis ini tergantung keahlian tim analis dan jika alat pcr otomatis bisa running 50 sampai 90 menit,” tambahnya.

Menjelang kedatangan satu unit PCR ini, Reihana mengatakan telah mempersiapkan tim analis serta Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) sebagai lokasi diletakkannya PCR ini.

“Alat PCR ini akan datang dari Kementerian BUMN,sekitar 29 atau 30 april. persiapannya sekarang di Labkesda sedang kami sesuaikan sesuai syarat PCR Covid-19, salah satunya ruangan bertekanan negatif dan kami juga mempersiapkan Reagen walaupun dapat dari kementerian BUMN dan ekstraksi RNA sudah dipersiapkan. Alhamdulillah kita sudah punya BSC (biological savety cabinet), untuk kabinet-kabinet mengambil swab dan ambil ekstraksi RNAnya untuk menghindari tertularnya  dari pengambil swab tersebut melalui BSC. Alhamdulillah Labkesda Lampung sudah punya tiga unit BSC,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi