oleh

Disnakertans Metro Beri Pendampingan untuk Pendaftar Kartu Prakerja

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Metro memberikan pendampingan dan sosialisasi bagi masyarakat Bumi Sai Wawai yang mengalami kesulitan mendaftar Kartu Prakerja.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Disnalertrans Metro Rakhmat Z Sesunan. Menurutnya itu dikarenakan masih ada masyarakat yang belum mengetahui cara pendaftarannya.

“Karena kan via online. Jadi kita fasilitasi mereka untuk mendaftar,” ujarnya, Senin (20/4).

Selain pendampingan, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang apa itu Kartu Prakerja dan manfaat mendaftar kartu tersebut.

“Itukan program dari pemerintah pusat ya. Jadi memang tugas kita hanya menyosialisasikan. Kita berikan pemahaman apa itu Kartu Prakerja dan manfaatnya,” tuturnya.

Pihaknya mengaku belum mengetahui berapa jatah Kartu Prakerja untuk Metro dan berapa jumlah warga kota setempat yang sudah mendaftar. “Karena itu tidak melalui kita dan langsung ke pemerintah pusat,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, penerima Kartu Prakerja nantinya akan menerima total bantuan Rp3,5 juta. Namun, bantuan tersebut tidak diberikan dalam bentuk tunai, melainkan berupa pelatihan kerja.

“Jadi bukan bantuan uang ya. Itu untuk pelatihan dan lain-lain. Totalnya Rp3,5 juta,” jelasnya.

Ia menambahkan, untuk pelatihan dilakukan secara online melalui Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy, Kemnaker, Pintaria, Pijar, Sekolah.mu, dan MauBelajarApa. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi