oleh

Kabar Baik ! 35 Ribu KPM di Lamtim dapat BLT, Segini Besarannya

radarlampung.co.id-Masyarakat Kabupaten Lampung Timur yang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemik corona virus disease (Covid)-19 bakal mendapat bantuan langsung tunai (BLT) dari Kementerian Sosial.

Kepala Dinas Sosial Lamtim Darmuji menjelaskan,  BLT dari Kementerian Sosial akan disalurkan selama 3 bulan. Yakni terhitung April hingga Juni 2020. Menurutnya, BLT akan disalurkan Rp600 ribu/bulan kepada 35.011 keluarga penerima manfaat (KPM).

“BLT dari Kemensos rencananya akan disalurkan secara langsung ke rumah KPM oleh petugas kantor pos,” jelasnya.

Dilanjutkan, data penerima BLT itu merujuk pada surat Kementerian Sosial nomor 1584/6/D1.01/04/2020 tentang alokasi pagu penerima bantuan sosial langsung tertanggal 17 April 2020.

Berdasarkan data dari Kementerian Sosial, warga Lamtim yang masuk katagori pra sejahtera mencapai 131.970 KPM. Dari jumlah tersebut, 90.676 KPM telah masuk dalam data penerima program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT).

“Sedangkan yang belum mendapat bantuan  sebanyak 41.294 KPM.  Dari jumlah itu, 35.011 akan mendapat BLT dari Kementrian Sosial. Sedangkan, sisanya akan mendapat BLT yang bersumber dari Dana Desa. Jadi program bantuan dari pemerintah tidak akan tumpang tindih,” terang Darmuji.

Sebab, bagi yang sudah menerima PKH dan BPNT tidak masuk dalam data penerima BLT dari Kemensos. Begitu juga bagi yang sudah menerima BLT dari Kemensos, PKH dan BPNT tidak masuk dalam data penerima BLT yang bersumber dari dana desa. “Data KPM BLT dari Kemensos sudah dilengkapi nama dan alamat,” lanjutnya.

Ditambahkan, untuk menghindari kemungkinan KPM BLT sudah pindah alamat atau meninggal dunia. Maka, data dari Kementerian sosial akan diverifikasi dan hasilnya akan dilaporkan ke Kemensos pada 23 April 2020 mendatang. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi