oleh

Presiden Larang Mudik, Gubernur Lampung Kaji Penerapan PSBB

radarlampung.co.id-Usai Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memutuskan pelarangan mudik lebaran Idul Fitri 1441 H/2020 M, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyebut juga tengah mengkaji penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Provinsi Lampung.

“Saya belum bisa memberikan statmen, karena apapun yang akan kami lakukan itu berdasarkan kajian mulai dari ketertiban, keamanan, dari sisi keagamaan kan ini ada kaitannya dengan puasa. Dan kita akan bahas sehingga pelarangan (mudik) itu identik dengan PSBB. Karena kalau memang Lampung sudah waktunya harus dilakukan (PSBB-red), kita akan memberikan satu langkah kebijakan agar kedepan ekonomi tetap berjalan pengendalian covid-19 itu harus segera selesai,” beber Arinal, Selasa (21/4).

Soal kemungkinan penutupan akses pintu masuk Lampung, Arinal mengatakan juga akan mengkaji dahulu. “Sebenarnya kita sudah lakukan tapi kalau memang nanti salah satu temuan yang bisa menimbulkan dampak negatif, kami akan melakukan langkah (selanjutnya-red),” tambahnya.

Sementara Presiden Jokowi dalam keterangannya selasa (21/4) di menegaskan setelah melarang ASN, TNI, Polri, BUMN untuk mudik, kali ini semua masyarakat diminta untuk tidak mudik.

Hal ini disampaikan langsung seperti dalam kutipan lengkap Presiden yang dilansir dari laman detik.com.

“Saya ingin langsung saja tadi dari hasil kajian-kajian yang ada di lapangan, pendalaman yang ada di lapangan, kemudian juga dari hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan disampaikan bahwa yang tidak mudik adalah 68 persen, yang tetap masih bersikeras mudik 24 persen, yang sudah mudik 7 persen. Artinya masih ada angka yang sangat besar yaitu 24 persen tadi. Kemudian yang kedua yang berkaitan dengan bansos, bansos sudah mulai dilaksanakan kemarin, pembagian sembako untuk Jabodetabek, kemudian Kartu Prakerja sudah berjalan, minggu ini juga bantuan sosial bansos tunai juga sudah dikerjakan. Dari sinilah kemudian saya ingin mengambil sebuah keputusan, setelah larangan mudik bagi ASN, TNI, Polri, dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu. Pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang. Oleh sebab itu, saya minta persiapan-persiapan yang berkaitan dengan ini mulai disiapkan. Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan,” ungkap Presiden. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi