oleh

UM-PTKIN Mulai Awal Mei

RADARLAMPUNG.CO.ID – Jadwal Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) yang sebelumnya ditunda, telah dijadwalkan kembali mulai awal Mei mendatang. Hal ini berdasarkan Surat Edaran panitia nasional penerimaan mahasiswa baru (PMB) PTKIN Nomor 051/SPAN-UM/IV/2020.

Kassubag Humas UIN Raden Intan Lampung Hayatul Islam menuturkan, panitia nasional telah menjadwalkan kembali untuk pendaftaran UM-PTKIN. Berdasarkan SE tersebut, pendaftaran/pembayaran pada 1 Mei hingga 30 Juni, dilanjut dengan cetak kartu ujian 1 hingga 9 Juli.

“Pelaksanaan ujian dijadwalkan pada 15 sampai 22 Juli, serta pengumumannya pada 28 Juli mendatang,” katanya, Senin (20/4).

Ia menuturkan, UIN Raden Intan Lampung akan membuka semua program studi S-1 untuk penerimaan mahasiswa jalur UM-PTKIN tahun 2020 tersebut. Prodi yang dibuka berjumlah 30 prodi dari 6 fakultas.

“Diantaranya, ilmu perpustakaan dan informasi islam, pendidikan bahasa Arab, komunikasi dan penyiaran islam, pengembangan masyarakat islam,Ilmu Alquran dan Tafsir dan prodi lainnya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, kelompok ujian IPA untuk peminat prodi saina dan teknologi. Materi ujian IPA sendiri tes potensi akademik, bahasa, keislaman, dan kemampuan IPA.

“Sedangkan kelompok ujian IPS untuk peminat prodi bidang sosial, humaniora, dan keagamaan. Materi ujian IPS sama seperti IPA, yang membedakan yakni kemampuan IPA diganti dengan IPS,” terangnya.

Ia menambahkan, alur pendaftaran UM-PTKIN, calon peserta harus mengisi biodata secara online dilaman https://um-ptkin.ac.id/ untuk dapat SIP (Surat Instruksi Pembayaran) dan PIN. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi