oleh

DPR RI : Evaluasi Program Kartu Prakerja

radarlampung.co.id – Ditengah wabah covid-19, Bantuan langsung pangan sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Sementara ditengah kebutuhan akan pangan ini, sejumlah masyarakat meminta evaluasi untuk program Kartu Prakerja.

Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Ella Siti Nuryamah mengatakan, banyak aspirasi masyarakat yang diterima fraksi PKB, agar pemerintah memberikan bantuan pangan. Salah satu yang bisa dialihkan untuk bantuan pangan misalnya Bantuan Kartu Prakerja.

“Banyak keluhan soal Prakerja, karena itu saya selaku anggota DPR dari fraksi PKB asal Lampung minta prakerja di evaluasi, apalagi di tengah wabah Covid-19 seperti saat ini, kondisi perekonomian kita sangat terdampak,” kata Ella.

Menurutnya, banyak aspirasi yang diterima terkait permasalahan kartu Prakerja. “Banyak warga yang mengeluh terkait pendaftaran prakerja. Karena saya sebagai wakil mereka, pastinya menanyakan soal mekanisme dan cara mendapatkannya, laporan masyarakat katanya sulit daftarnya,” ujarnya.

Salah seorang warga Lamteng, Kecamatan Terbanggi Besar, Danang mengakui susah untuk mendaftar Prakerja ini. “Susah masuknya, sudah daftar tetap juga nggak lolos, saya bingung syarat verifikasi yang di terapkan pemerintah yang lolos dan tidak lolosnya, sebaiknya diganti bantuan pangan saja, sekarang masyarakat lebih butuh pangan dari pelatihan online,” kata Danang  mengadu ke Ella.

Sebelumnya Kartu Prakerja ini juga menjadi kontroversi. Misalnya materi pelatihan yang diberikan ternyata banyak terdapat di google dan youtube. Ini dinilai tidak sebanding dengan anggarannya yang mencapai Rp20 triliun. Belum lagi biaya pelatihan online sebesar Rp1 juta dan sejumlah kontroversi lainnya. (rls/yud)

Komentar

Rekomendasi