oleh

Hilangkan Sisi Negatif, Rutan Bandarlampung Salurkan Mantan Narapidana Jadi Relawan Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikan mantan narapidana pekerjaan, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Bandarlampung akan menyalurkan mantan warga binaan untuk jadi relawan pencegahan Covid-19. Dimana nantinya, para mantan narapidana ini disalurkan ke beberapa instansi untuk membantu baik dalam bakti sosial maupun penjagaan kantong pengawasan perbatasan kota.

Kepala Rutan Kelas I Bandarlampung Rony Kurnia mengatakan, pihaknya menawarkan kepada para mantan narapidana asimilasi untuk menjadi relawan di BNPB, PMI, Kesehatan, Kepolisian ataupun di pos penjagaan perbatasan.

“Dan ini tentunya kami menawarkan para tenaga relawan kepada pemerintah. Yang dimana memang tenaga relawan ini sangat dibutuhkan sekali. Tidak hanya itu, kami juga telah menyalurkan sembako-sembako ke mantan narapidana tersebut,” ujarnya, Kamis (23/4).

Menurutnya, penyaluran mantan narapidana untuk menunjukkan bahwa mantan narapidana ini bisa berbaur dimasyarakat dan berkontribusi langsung. “Ini agar menghilangkan sisi negatif para mantan narapidana ini. Agar mereka ini tidak mengulang perbuatannya,” katanya.

Rony menambahkan hingga kini, baru ada sekitar 20 mantan narapidana yang benar benar sehat dan mendaftarkan diri sebagai relawan. “Kami masih melakukan koordinasi sesuai dengan kemampuan pendaftar, dan yang berkumpul tadi kami berikan sedikit bingkisan untuk membantu keperluan,” ucapnya.

Sementara itu, mantan narapidana bernama Ali Akbar Warga Jalan Urip Sumoharjo Wayhalim mengaku baru mendapatkan tawaran. “Tadi pagi ditelpon dan kebetulan pas wajib lapor jadi sekalian aja,” katanya.

Dirinya pun mengaku ingin menjadi relawan lantaran ingin mendapat pengalaman dan bisa bermanfaat ditengah masyarakat. “Dan memang saat ini tidak ada kegiatan, dari pada juga di rumah enggak ada kerjaan,” pungkasnya. (ang/sur)

Komentar

Rekomendasi