oleh

Memasuk Bulan Puasa, Harga Cabe Merah Merosot

radarlampung.co.id – Memasuki bulan Ramadhan tahun 2020, harga cabe merah di sejumlah pasar di Bandarlampung mulai mengalami penurunan. Hal tersebut diakui Dwi, salah seorang pedagang pasar tradisional di pasar Koga, Bandarlampung.

Dwi mengatakan, harga cabe merah memang mengalami penurunan beberapa hari belakang. Yakni berkisar antara Rp16 ribu sampai Rp18 ribu per kilogram. “Kalau sekarang sudah naik lagi Rp2 ribu, kemarin Rp16 ribu, sekarang Rp18 ribu sekilo,“ katanya.

Menurut Dwi, harga cabe merah sendiri tidak bisa diprediksi lantaran terus mengalami naik turun selama beberapa hari belakangan. “Nggak tentu, karena cabe merah ini turunnya cepet, naiknya juga cepet. Nggak bisa dipatok,“ katanya.

Selain itu, harga cabe rawit juga ikut turun, dari yang biasanya sekitar Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per kilogram, saat ini hanya berkisar di harga Rp30 ribu per kilogram. Sementara untuk bawang merah dan bawang putih, saat ini mengalami kenaikan.

“Kalau bawang putih sekarang Rp30 ribu, kalau bawang merah Rp43 ribu. Awalnya dari harga Rp40 ribu, kalau sekarang sekitar Rp42 ribu sampai Rp43 ribuan per kilogram,“ katanya.

Kenaikan harga bawang tersebut juga diikuti kenaikan harga tomat yang saat ini mencapai Rp8 ribu per kilogram, sementara di hari biasa harganya hanya Rp6 ribu per kilogram.

“Tapi menjelang bulan puasa ini, semua bahan makanan seperti cabe, bawang dan lain-lain itu mudah didapatkan. Kalau dari pemasok memang banyak stoknya,“ tandasnya. (Ega/yud)

Komentar

Rekomendasi