oleh

Tanggamus Dapat Kuota Jaringan Irigasi 400 Ha

radarlampung.co.id – Tanggamus mendapat kuota jaringan irigasi seluas 400 hektare (Ha). Sistemnya menerapkan padat karya dengan melibatkan buruh tani lewat rehabilitasi jaringan irigasi tani (RJIT).

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Tanggamus Catur Agus Dewanto mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan adalah perbaikan jaringan irigasi. Bentuknya padat karya melibatkan para buruh dan penggarap sawah.

“Program ini dari pusat. Tanggamus mendapatkan kuota untuk jaringan irigasi seluas 400 hektare (Ha) yang tersebar di seluruh kecamatan,” kata Catur.

Program ini sudah ada sejak dua tahun terakhir. Tujuannya untuk mendukung sarana pertanian dan meningkatkan kesejahteraan buruh tani serta penggarap sawah dengan sistem swakelola.

“Program ini akan menambah penghasilan mereka. Sistemnya, mereka sebagai pekerja untuk memperbaiki jaringan irigasi. Dari kegiatan itu mereka mendapatkan bayaran,” ujarnya.

Jaringan irigasi yang jadi sasaran adalah tingkat kwartir irigasi. Jaringan ini menyuplai air ke jaringan-jaringan cacing yang ada di antara petak sawah. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi