oleh

Bandara Radin Inten II Setop Penerbangan Umum

radarlampung.co.id-Bandara Radin Inten II, Lampung Selatan sementara hanya mengoperasionalkan penerbangannya untuk melayani penerbangan kargo (barang) dan penerbangan khusus sebagai bentuk dukungan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Kepala Bandara Radin Inten II Asep Kosasih Samapta mengatakan pengalihan ini juga sebagai dukungan kebijakan pemerintah pusat didalam Permenhub nomor 25/2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Penyebaran COVID-19. Di mana penerbangan umum sementara ditiadakan per 24 Maret.

“Ya sementara waktu ini, Bandara Radin Inten II tidak melayani penerbangan untuk penumpang umum. Untuk penerbangan masih kami layani untuk pesawat dengan muatan kargo (barang),” ujar Asep saat dikonfirmasi Jumat (24/4) melalui pesan WhatsAppnya.

Peralihan sementara ini sendiri akan dilakukan mulai 24 April hingga 1 Juni. Selain hanya melayani penerbangan kargo, penerbangan kusus bagi pelayanan darurat. Misalnya penerbangan pimpinan lembaga tinggi negara, tamu kenegaraan atau organisasi internasional, operasional penerbangan khusus repatriasi pemulangan WNA dan WNI, lalu untuk operasional penegakan hukum, ketertiban dan pelayanan darurat.

“Memang tetap beropasi, hanya tidak melayani penumpang umum dan didalam ketentuan operasional nya untuk penerbangan khusus hanya diperbolehkan misalnya untuk pendaratan darurat. Kemudian pengiriman sample infection substance Covid-19 dan yang berkaitan dengan Covid-19. Termasuk untuk mendukung pengiriman kebutuhan medis. Ini juga dilakukan sebagai dukungan upaya pemerintah menekan penyebaran virus corona,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi