oleh

Penjual Takjil Tetap Terapkan Phyisical Distancing

radarlampung.co.id – Bulan suci Ramadan, identik dengan aneka jajanan takjil berbuka puasa. Jika biasanya penjual takjil kebanjiran rejeki, maka berbeda halnya di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.

Pantauan Radarlampung.co.id Jumat (24/4), sekitar pukul 17.10 WIB, di pertigaan Tugu macan Desa Brabasan Kecamatan Tanjung raya tampak, sejumlah pedagang menjajakan dagangannya walaupun tak seperti ramadan sebelumnya.

Beberapa penjual takjil menjajakan jualannya Seperti menjual kolak, es buah hingga gorengan. Mereka berjualan dengan ada jarak antara satu penjual dengan penjual lainnya. dan tetap menerapkan phyisical distancing dengan pembeli.

Salah satu penjual takjil bernama Iwan (30) menuturkan, dirinya tetap berjualan takjil Meskipun, dalam kondisi pandemi corona virus diease (Covid-19). Tapi menurut nya pembeli takjil tidak begitu ramai seperti tahun tahun sebelumnya.

“Pembelinya tidak begitu ramai ya ada saja sih yang beli tapi tidak begitu ramai seperti tahun tahun yang lalu,” Ujar Iwan kepada Radarlampung Jumat petang.

Dia pun mulai memutar otak agar bisa mengais rejeki lebih di bulan puasa. Dia lantas memasarkan produknya melalui Whatsapp Group ke tetangga dan kerabatnya. “Jualan disini tetep mas, tapi kita juga lewat medsos karena enggak se-ramai tahun lalu. Beda,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Junaidah (32), seorang pedagang es buah. Jika tahun-tahun sebelumnya ia bisa memproduksi es buah hingga 50 bungkus, lain halnya dengan tahun ini. “Sekarang bikin 25 aja dulu. Pertama khawatir enggak banyak yang beli. Kedua, modal juga terbatas katanya.

Dia hanya berharap pandemi ini bisa segera berakhir dan kehidupan menjadi normal kembali seperti sediakala. “Mudah-mudahan mah normal lagi. Suami bisa kerja lagi,” ujarnya.

Sementara diberitakan sebelumnya mengantisipasi penyebaran CoronaVirus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji, meniadakan kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan pada bulan suci Ramadan pada tahun ini yakni safari Ramadan.

Plt. Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setdakab Mesuji Angga Pramudita mengatakan untuk kegiatan bulan Ramadan Seperti safari ramadan pada tahun ini ditiadakan Pemkab Mesuji sudah mengambil keputusan bahwa tidak ada safari Ramadan untuk tahun ini,” Katanya.(muk/yud)

Komentar

Rekomendasi