oleh

Keistimewaan Bertakwa

Oleh Asrian Hendi Caya*

 

Kita puasa agar bertakwa. Mengapa kita harus bertakwa? “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa diantara kamu(Qs 49: 13).

Kita menjadi orang paling mulia disisi Allah. Lalu apa manfaatnya menjadi orang yang paling mulia? Tentu saja banyak keistimewaan yang kita peroleh. Mulia di mata manusia saja kita dihormati. Apalag iini Allah SWT yang memuliakan.

Orang yang bertakwa dicintai  Allah.  “…Allah mencintai orang-orang yang bertakwa(Qs 3: 76). Jika Allah cinta maka seluruhnya makhluk-Nya pun akan mencintai. Dan Allah akan selalumenyertainya.

Sungguh, Allah beserta orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang berbuat kebaikan” (Qs 16: 128). Inilah kehidupan yang hasanah sebagaimana doa yang selalu kita panjatkan. Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat .. “(Qs 2: 201).

Jika dicintai Allah maka segala urusan menjadi mudah. “..Dan barang siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya” (Qs 64: 4).

Dan Allah selalu memberi jalan keluar.“Barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar” (Qs65: 2).

Bahkan Allah melimpahkan berkah dari langit dan bumi. Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi..” (Qs 7: 96).

Dan Allah memberinya rizki. “Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya” (Qs 65: 3).

Serta tak kalah penting adalah Allah akan menghapus dosa dan melipat gandakan pahala. “Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya” (Qs 65: 5).

Allah memberikan ampunan dan surga.  “Balasan bagi mereka ialah ampunan dar iTuhan mereka dan surga-surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya…”(Qs 3: 136). “..dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa” (Qs 3:133). “Itulah surga yang akan Kami wariskan kepada hamba-hamba Kami yang selalu bertakwa” (Qs 19: 63).

Keistimewaan yang luarbiasa. Apalagi yang kita tunggu. Ayo kejar dan usahakan ketakwaan dengan segenap tenaga secara sungguh-sungguh.

Kesungguhan (jihad) inilah yang selama ini sepertinya yang belum kita miliki,sebagaimana diminta Allah: “Dan berjihadlah kamu di jalan Allah dengan jihad yang sebenar-benarnya. Dia telah memilih kamu, dan Dia tidak menjadikan kesukaran untukmu dalam agama. (Ikutilah) agama nenek moyangmu Ibrahim. Dia (Allah) telah menamakan kamu orang-orang muslim sejak dahulu, dan (begitu pula) dalam (Al-Qur’an) ini, agar Rasul (Muhammad) itu menjadi saksi atas dirimu dan agar kamu semua menjadi saksi atas segenap manusia. Maka laksanakanlah shalat; tunaikanlah zakat, dan berpegang teguhlah kepada Allah. Dialah Pelindungmu; Dia sebaik-baik pelindung dan sebaik-baikpenolong” (Qs 22: 78). (*)

 

*Peneliti PUSIBAN- Pusat Studi dan Informasi Pembangunan

*Pengurus Masjid Airan Way Huwi

 

Komentar

Rekomendasi