oleh

Unila Maksimalkan Sistem Daring

radarlampung.co.id – Universitas Lampung (Unila) mengoptimalkan penggunaan fasilitas daring agar kegiatan pendidikan dapat terus berjalan dengan baik di situasi pandemi covid-19.

Kepala UPT TIK Unila M. Komarudin, mengatakan, dinamika transformasi digital pada masa pandemi covid-19, tidak bisa dihindari oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya Unila. Dari sisi akademis, Unila telah mengakomodasi kegiatan pembelajaran daring dengan fasilitas Virtual Class dan web conference (vconf) yang terus dimaksimalkan penggunaannya.

“Seperti peningkatkan kerja sama dengan provider telekomunikasi berupa penyediaan kuota gratis dan penggunaan aplikasi video conference untuk kebutuhan rapat yang merupakan produk dari salah satu provider tersebut,”ujarnya.

Lalu, lanjutnya, Unila juga menggunakan aplikasi video conference yang merupakan produk alumni Fakultas Teknik Elektro. Aplikasi tersebut bernama LiteBig, yang telah digunakan untuk kegiatan ujian dan sidang skripsi online.

“Kita memang menggunakan yang berbayar. Unila sudah punya Zoom yang versi edukasi. Ada 20 host yang kita miliki sekarang dan ada satu yang premium yang kapasitasnya bisa sampai 500 peserta. Yang 20 host kapasitasnya masing-masing 300 peserta,”terangnya.

Ke depan, perangkat daring bisa digunakan sebagai aset digital untuk melakukan pembelajaran dengan mengoptimalkan kapasitas ruangan yang ada dan melakukan metode Blended Learning. Di sisi manajerial, data yang dihasilkan dalam penggunaan perangkat daring bisa menjadi data driven yang digunakan sebagai dasar dalam pembuat keputusan. (rur/rls/yud)

Komentar

Rekomendasi