oleh

Empat Warga Tubaba Dinyatakan Covid-19

radarlampung.co.id – Empat orang warga Tulangbawang Barat (Tubaba) hari ini dinyatakan positif terserang virus korona (covid-19). Penetapan keempatnya berdasarkan hasil swap yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung di Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Palembang, Sumatera Selatan. Kepastian ini diungkapkan oleh juru bicara tim gugus tugas penanganan covid-19, Eri Budi Santosa MH kepada radarlampung, co.id, beberapa saat yang lalu.

Keempat orang tersebut Sg (67) dan istrinya Ny. Dm (60) warga Mekarasri, Kecamatan Tulangbawang Tengah (Tuba Tengah), H umur (58) warga Tuba Tengah, dan AH (43) warga Kagunganratu, Kecamatam Bawang Udik.

Hasil pemeriksaan Swab orang tersebut telah diambil oleh Diskes Provinsi Lampung dan kemudian disampaikan kepada Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tubaba.

Dengan demikian pasien atas nama Sg telah dua kali dinyatakan positif setelah swab pertama beberapa waktu lalu dinyatakan positif juga berdasarkan hasil swab. Kemudian pekan kemarin kembali diambil sampel swab bersamaan dengan tiga pasien lainnya dan sebelumnya memang berdasarkan rafid test juga positif terserang. “Sampai pukul 13.42 WIB ini Tubaba ada empat yang positif,” tegasnya.

Seperti diberitakan radarlampung co.id, kemarin, Hingga Pukul 21.30 WIB malam ini, Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), masih menunggu hasil pemeriksaan
Balai Besar Laboratorium Kesehatan, di Palembang, Sumatera Selatan terhadap sampel swab empat orang warga setempat.

Keempat orang tersebut Sg (67) dan istrinya Ny. Dm (60) warga Mekarasri, Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Tuan A.H. (58) dan Hi. H (57), warga Kagunganratu, Kecamatan Tuba Udik, Kabupaten Tubaba, Provinsi Lampung.

Sampel Swba keempat orang tersebut diambil lantaran Sg dinyatakan positif, sedangkan tiga lainnya hingga kini masih belum diketahui lantaran tengah dalan pemeriksaan. “Dari empat orang itu, hanya satu orang yang terkomfirmasi positif. Sedangkan tiga lainnya masih masuk dalam ODP,” ungkap Majril, M. Kes. Kepala Dinas Kesehatan Tubaba saat dikonfirmasi radarlampung.co.id tadi malam.

Majril berharap agar hasil pemeriksaan terhadap empat orang tersebut negatif sehingga rasa was-was masyarakat Tubaba dapat terobati. “Hasinya antara positif dan negatif. Kalau negatif maka ini adalah kabar baik yang berarti mereka dapat dikatakan sehat, namun jika hasilnya mereka positif tentu harus dilakukan penanganan yang lebih maksimal,” tuturnya.

Seperti diberitakan radarlampung.co.id, Dinas Kesehatan Tulangbawang Barat (Tubaba) kembali mengambil sampel Swab kepada pasien Sg (67) yang sebelumnya dinyatakan positif berdasarkan hasil Swab pertama di Balai Laboratorium, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Pengiriman sampel kedua ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah yang bersangkutan masih terserang virus Covid-19 tersebut atau sudah dalam keadaan pemulihan. Hingga hari ini (21/4) kondisi pasien yang bermukim di Mekarasri, Kecamatan Tuba Tengah, Tubaba, Lampung ini terus membaik. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Tubaba Majril, M. Kes, kepada radarlampung.co.id, tadi sore.

Tim dokter dari Rumah Sakit Umum Daerah Tubaba yang tergabung dalam Gugus Tugas Covid-19 juga mengambil sampel Swab kepada tiga pasien ODP lainnya. Mereka adalah Dm  (60) istri dari Sg. pasien covid-19, Ha. (58) dan Ah (57). Kedua warga Kecamatan Tuba Tengah ini diambil sampel sweet lantaran sempat kontak langsung dengan pasien Sg yang dinyatakan positif.
“Sehingga secara keseluruhan besok akan kami antarkan empat sampel dari empat orang yang kami ambil dalam 2 hari ini yakni Senin dan Selasa tadi,”ungkapnya.
Dijelaskan Majril, tiga pasien sebelumnya memang masuk dalam status orang dalam pemantauan (ODP). Karenanya guna memastikan apakah ketiganya positif atau negatif tim mengambil sampel. (fei/ang)

Komentar

Rekomendasi