oleh

IPM Lambar Peringat Ke-9 di Lampung

radarlampung.co.id – Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Lampung Barat mengalami peningkatan pada 2019, yakni pada angka 67,50. Ini meningkat 0,76 dibandingkan tahun 2018 yang berada pada angka 66,74.

Hal itu disampaikan Bupati Lambar Parosil Mabsus saat menyampaikan nota pengantar Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj.) tahun anggaran 2019 kepada DPRD yang berlangsung melalui virtual meeting, Senin (27/4).

“Capaian IPM Lampung Barat pada saat ini menempati peringkat ke-9 dari 15 kabupaten/kota se-Lampung,” kata Parosil.

Menurut dia, berbagai upaya untuk percepatan penanggulangan kemiskinan telah dilakukan, melalui pengurangan beban pengeluaran. Antara lain berupa Jamkesda, layanan kesehatan gratis, bea siswa masyarakat miskin, bantuan operasional sekolah (sekolah gratis), bedah rumah tidak layak huni, serta peningkatan pendapatan melalui pelatihan keterampilan, pemberdayaan usaha ekonomi mikro, dan pelatihan usaha.

”Itu diyakini dapat mengurangi angka kemiskinan sehingga berdampak kepada jumlah penduduk miskin Lampung Barat. Pada 2019, tingkat kemiskinan Lampung Barat berada pada urutan ke-9 atau sebesar 12,92 %.  Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, angka kemiskinan sebesar 13,54 %. Artinya menurun 0,62 %,” ujarnya.

Dilanjutkan, pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat pada 2019 masih perlu ditingkatkan dalam rangka memenuhi harapan dan aspirasi semua pihak.

”Oleh karena itu, kepada segenap pimpinan dan anggota DPRD serta masyarakat, saya mengajak bersama-sama mengawal pembangunan di daerah untuk menghadapi tantangan yang dapat menghambat keberhasilan pembangunan,” tegasnya. (nop/ais)

 

Komentar

Rekomendasi