oleh

Kondisi Terkini, Hotel yang Shut Down Ditengah Penyebaran Covid-19

 

radarlampung.co.id – Hampir sebulan sudah, beberapa hotel berbintang di Bandarlampung memutuskan untuk shut down atau berhenti beroperasi sementara waktu. Ini dilakukan sebagai upaya bidang perhotelan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona atau yang juga dikenal dengan Covid-19.

Kendati begitu, beberapa hotel yang awalnya memilih untuk shut down, memutuskan untuk buka kembali namun dengan menjalankan sejumlah protokol kesehatan. Salah satunya, yakni Emersia Hotel and Resort Bandarlampung yang telah menghentikan operasional sementara sejak tanggal 1 April 2020, lalu.

Dozen Corporate Emersia Hospitality Manajemen, Rafizon Chaniago mengatakan, pihaknya akan mulai membuka kembali atau melakukan reopening hotel terhitung pada tanggal 1 Mei 2020, mendatang. “Sudah hampir 30 hari kami close, maka tanggal 1 nanti kami berencana buka kembali, dengan SOP yang memenuhi standar,“ katanya.

Dia mengatakan, dalam pembukaan kali ini pihkanya akan menentukan pembatasan jumlah tamu, tamu yang datang juga harus melewati pengecekan suhu tubuh. Pihaknya juga telah menyiapkan alat cuci tangan dengan antiseptik, serta handsanitizer bagi tamu yang datang ke hotel.

“Tamu yang menginap kami siapkan pula masker. Jadi ada protokol kesehatan yang harus dijalankan, tamu yang menginap lebih dari 1 hari juga nantinya akan kami cek suhu tubuhnya. Untuk sarapan pagi tidak ada lagi buffe, karena semua makanan akan diantarkan ke kamar masing-masing,“ tandasnya.

Namun, lain halnya dengan Hotel Radisson Lampung Kedaton yang justru memilih untuk memperpanjang waktu shut down hingga 31 Mei 2020, mendatang. Hal ini menyusul dengan adanya pengentian operasional sejumlah maskapai penerbangan hingga bulan Juni 2020, mendatang.

“Kita perpanjang sampai dengan 31 Mei 2020, karena kita lihat di Jakarta masih PSBB. Kemudian semua transportasi udara sedang di stop sampai dengan bulan Juni. Artinya sekarang kalau kita buka hotel pun, pengunjungnya tidak ada,“ kata Director of Sales and Marketing Hotel Radisson Lampung Kedaton, Erwin Suwondo.

Di samping itu, sambung dia, kondisi saat ini juga terpantau belum membaik. Sehingga pihaknya tetap berusaha untuk membatasi jarak atau bertemu dengan pelanggan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus corona. “Karyawan yang masuk pun sekarang itu-itu saja karena kami ingin mengurangi resiko penyebaran virus corona,“ pungkasnya. (Ega/yud)

Komentar

Rekomendasi