oleh

BLT DD di Tuba Tengah Sasar 2.948 KK

radarlampung.co.id-Sebanyak 2.948 Kepala Keluarga (KK) di Kecamatan Tulangbawang Tengah (Tuba Tengah) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) akan menerima Bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa (BLT-DD) Tahun 2020. Diketahui,  BLT-DD diberikan guna menyikapi dampak pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendes PDTT) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, BLT DD akan disalurkan selama 3 (tiga) bulan terhitung sejak April 2020 dengan besaran perbulan sebesar Rp600 ribu per keluarga.

“Alhamdulillah, telah dilakukan Rapat Validasi Data BLT DD yang diikuti seluruh tiyuh se-Kecamatan Tuba Tengah. Hasilnya, 2.948 KK dari 17 tiyuh se-Tuba Tengah akan ditetapkan sebagai penerima BLT yang bersumber dari DD, dan SK nya saat ini masih kita siapkan. Sedangkan untuk kelurahan kita masih menunggu arahan dari pemda,”ungkap Achmad Nazaruddin, S.IP, M.IP, Camat Tuba Tengah, Selasa (28/4).

Saat ini, lanjutnya, realisasi BLT-DD tersebut tinggal menunggu proses administrasi di Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Tiyuh (DPMT), termasuk proses Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Tiyuh (APBT-P).” Yang jelas, kemungkinan untuk BLT ini secepatnya segera disalurkan ke masing-masing penerima sebab inikan situasinya darurat,”tandasnya.

Nazar juga menegaskan, penerima BLT DD merupakan masyarakat tidak mampu yang belum mendapatkan bantuan sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH) dan dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang digulirkan Kementerian Sosial RI, dan Program Maju Sejahtera (Mantra) oleh Pemkab Tubaba.”Dan semuanya telah melalui seleksi  yang dilakukan oleh aparatur tiyuh beserta tim relawan Covid -19 di masing-masing tiyuh,”imbuhnya. (fei/wdi)

Komentar

Rekomendasi