oleh

Sejak Januari, Sudah 682 TKI Kembali Ke Lamtim

radarlampung.co.id-Selama periode Januari hingga April 2020 tercatat 682 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Lampung Timur telah kembali ke kampung halaman masing-masing. Dari jumlah tersebut 537 di antaranya merupakan TKI resmi (legal) dan 21 tidak resmi (ilegal).

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Lampung Timur Budiyul Hartono menjelaskan,  guna mengantisipasi penyebaran pandemik corona virus disease (covid-19)  seluruh TKI yang kembali ke Lamtim telah menjalani pemeriksaan medis.  “Tidak ada TKI yang terpapar covid-19,”jelasnya Selasa (28/4).

Selain itu, setelah sampai di kampung halaman para TKI tersebut tetap harus menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Lebih lanjut Budi Yull menyatakan, untuk  TKI yang habis kontrak kerja di tahun 2020 belum dapat diketahui jumlahnya secara pasti.  “Biasanya mereka melakukan perpanjangan kontrak di tempat kerja,”lanjutnya.

Kesempatan yang sama Budiyul menyatakan,  dengan adanya pandemik covid-19, masih ada kemungkinan sejumlah TKI yang akan pulang ke Lamtim tahun ini. “Mengenai jumlah pastinya belum dapat diprediksi, bisa saja meningkat atau menurun karena adanya pembatasan,”imbuhnya.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi kemungkinan peningkatkan kepulangan TKI. Pemkab Lamtim telah menghimbau seluruh camat dan pamong desa untuk mendata dan mengawasi para TKI yang kembali ke kampung halamannya. “Setiap pendatang yang masuk ke Lamtim harus menjalani isolasi mandiri termasuk para TKI,”pungkasnya. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi