oleh

Tiga Pilar Terpenuhi, Ketahanan Pangan Masyarakat Aman

radarlampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesawaran menekankan pentingnya menjaga tiga pilar ketahanan pangan. Jika terpenuhi, maka masyarakat atau rumah tangga mampu mencukupi ketahanan pangan masing-masing.

“Tiga pilar ketahanan pangan tersebut harus dapat terwujud bersama-sama dan seimbang. Pilar ketersediaan dapat dipenuhi, baik dari hasil produksi dalam negeri maupun luar negeri,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pesawaran Awaludin, Selasa (28/4).

Awaludin mengungkapkan, tiga pilar dalam ketahanan pangan yakni ketersediaan (availability), keterjangkauan (accessibility) baik secara fisik maupun ekonomi, dan stabilitas (stability) yang harus tersedia dan terjangkau setiap saat serta setiap tempat.

“Pilar keterjangkauan dapat dilihat dari keberadaan pangan yang secara fisik berada di dekat konsumen dengan kemampuan ekonomi untuk dapat membelinya (memperolehnya),” sebut dia.

Sedangkan pilar stabilitas dapat dilihat dari kontinuitas pasokan dan stabilitas harga yang dapat diharapkan rumah tangga setiap saat dan tempat. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi