oleh

Mencari Nafkah dari Duplikat Kunci

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dia adalah Muhammad Sabar (45). Lebih dari 10 tahun, ayah dua anak ini mengandalkan mata pencahariannya dari keahliannya membuat duplikat kunci.

Sabar -sapaannya- dikenal sebagai sosok yang sangat sederhana. Warga RT 019 Lingkungan II Kelurahan Gedongair, Kecamatan Telukbetung Barat ini mampu menduplikatkan semua kunci jenis apa pun.

Selama 10 tahun itu, usaha kaki lima yang dilakoninya itu dengan cara mangkal di Jalan Jend Suprpto dari pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Dikondisi, pandemi Covid-19 saat ini, dia mengaku usahanya itu sepi dari pengunjung.

Menurutnya, bila ordernya lagi ramai-ramainya, melalui usahanya itu, dia bisa mengantongi uang hingga Rp200 ribu dslan sehari. Itu juga, tidak hanya diperoleh dari mangkal, melainkan panggilan dari pemilik ruko atau rumah yang kuncinya hilang atau bermasalah.

“Usaha ini tentu ada pasang surutnya. Kalau lagi ramai-ramainya, ya Alhamdulillah dapatnya lumayan. Kadang dapat Rp100 ribu sampai Rp200 ribu dalam sehari. Panggilan, jika ada yang butuh duplikat kunci,” ujarnya.

Meskipun, penghasilannya tak menentu, Sabar mengaku tetap mengutamakan ibadah. Salah satunya, dia tetap menjalankan ibadah salat ketika kumandang azan dari Masjid Saadah yang terbilang dekat dari tempat lapaknya.

Seperti diketahui, pendapatan yang dia peroleh diperuntukan sebagai nafkahnya kepada sang istri tercinta dan kedua anak kandungnya masih terbilang belia. Anak pertamanya berusia 7 tahun, sedangkan yang kedua berumur 2 tahun 5 bulan.

“Saya menikahi istri saya Marlianti, saat saya berusia 40 tahun. Waktu itu, dia mengatakan ingin menikahnya agak telat, saat dia sudah berumur 37 tahun,” kenangnya.

Dahulu, Dia dan istrinya bekerja sebagai penjahit. Namun, sekarang sang istri sudah tidak lagi menjahit, dan lebih fokus mengurus kedua anaknya. Mereka,tinggal di sebuah kontrakan dekat simpang empat samping SMPN 7 Bandarlampung. Kontrakannya berukuran 6×10 sebagai tempat istirahat dan membesarkan buah hatinyanya. (apr/ang)

Komentar

Rekomendasi