oleh

Mantan Narapidana Asimilasi Lapas Kalianda Sukses Ternak Lele

radarlampung.co.id – Kegiatan Pembinaan yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kalianda membuahkan hasil. Salah satu peserta penerima program Asimilasi di Rumah, Andi Irawan (31) sukses mengejawantahkan keterampilan budidaya lele di rumahnya, di Waylima Kecamatan Pesawaran.

Keterampilan itu didapatnya saat masih dibina di Lapas Kalianda. Ia merupakan salah satu Narapidana yang menjadi peserta asimilasi di rumah dari Lapas Kalianda pada 1 April 2020.

Pria yang akrab disapa Gembul mengaku bahwa semua ilmu budidaya lele itu didapat dari hasil pembinaannya sewaktu masih dibina di Lapas Kalianda.

“Saya berani ternak lele seperti ini, dulu ilmunya saya ambil dari kegiatan (pembinaan) di Lapas Kalianda. Saya ikut merawat kolam lele di sana,” ungkap Gembul.

Saat ini, sambung Andi, dirinya mambudidayakan ikan lele sebanyak 5000 ekor, diatas kolam terpal seluas 60 meter persegi, di halaman belakang rumahnya. “Sekarang ini saya terapkan dengan kolam terpal 60 meter persegi, kalau hasilnya bagus, saya tambah luas kolamnya,” ujarnya.

Menurutnya, dengan cuaca yang memasuki masa peralihan saat ini, dirinya optimis budidayanya akan berhasil, Ia berharap pada bulan ke tiga nanti, ikan lele tersebut, bisa dituai sebanyak 4500 ekor. Apabila perkiraan isi per satu kilogram (kg) berisi 10 ekor. Maka Ia bisa panen dengan berat total sebanyak 450 kilogram.

“Harapan saya di cuaca peralihan seperti ini, budidaya saya bisa berhasil membuahkan 450 kilogram. Mudah-mudahan saya bisa jadi juragan lele,” katanya.

Sementara, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Kalianda, Tetra Destorie mengaku bangga dengan peserta asimilasi Lapas Kalianda tersebut. Sebab, Warga Binaannya itu sukses mengaplikasikan ilmu yang didapat menjadi keterampilan, yang langsung diaplikasikan di kehidupan nyata saat di luar Lapas.

“Alhamdulillah peserta asimilasi kita sukses menerapkan ilmu yang didapat dari kegiatan pembinaan di Lapas Kalianda,” tutur Tetra Destorie.

Dirinya mendoakan agar Andi Irawan bisa sukses dengan ternak lele yang diaplikasikan olehnya dan cita-citanya menjadi juragan lele bisa kesampaian. Kemudian dirinya berpesan agar peserta asimilasi lain bisa mengikuti jejak Andi Irawan untuk melakukan kegiatan positif yang berguna bagi masyarakat di saat asimilasi.

“Mudah-mudahan cita-cita Andi dengan usahanya sukses. Pun saya harap peserta asimilasi lain bisa mengikuti jejak Andi dalam berkegiatan positif, karena banyak hal positif yang sudah diajarkan di Lapas Kalianda,” pungkasnya. (rls/yud)

Komentar

Rekomendasi