oleh

100 Rumah Porakporanda, Bupati Winarti: Bantuan Segera Turun

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Tulangbawang Winarti langsung bergerak begitu mendengar informasi angin puting beliung memporakporandakan dua kecamatan di wilayahnya.

Orang nomor satu di Tulangbawang tersebut langsung meninjau lokasi bencana angin puting beliung di Kecamatan Banjaragung dan Banjarmargo.

Bupati bersama Kapolres Tulangbawang AKBP Andy Siswantoro, Dandim 0426/TB Letkol Inf Kohir, serta pejabat terkait tiba di lokasi sekitar pukul 18.45 WIB dan langsung melakukan penyisiran, dari rumah ke rumah warga yang rusak diterjang angin beliung.

Winarti berusaha menyambangi satu per satu rumah warga terdampak angin puting beliung. Dia ingin memastikan kondisi warganya secara langsung.

“Ini musibah kita semua. Pemkab Tulangbawang akan segera melakukan penanganan,” kata Winarti saat melakukan tinjauan, Rabu (20/5) malam.

Dalam kesempatan itu, Winarti berpesan kepada warga untuk segera menyelamatkan diri, mengamankan dokumen dokumen penting, dan harta benda yang tersisa.

Dia juga memerintahkan jajarannya untuk bahu membahu melakukan gotong royong memberikan pertolongan kepada warga terdampak.

Winarti menginstruksikan Kepala Kampung (Kakam) setempat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan mendirikan dapur umum.

“Besok pagi disiapkan nasi dan lauk, karena tidak mungkin mereka memasak,” pinta Winarti.

Dia menjelaskan, dari laporan sementara sedikitnya 100 rumah warga rusak berat dan ringan. Kampung Tri Tunggal Jaya menjadi wilayah terparah.

Bupati berjanji segera memberikan penanganan untuk warga yang tertimpa musibah.

“Malam ini penanganan segera kita lakukan agar masyarakat terdampak puting beliung bisa istirahat, karena banyak rumah yang hilang atapnya. BPBD juga akan menyiapkan bantuan tempat tidur untuk beberapa warga yang sangat membutuhkan,” terangnya.

Selain itu, bantuan lain seperti sembako dan uang tunai akan segera digulirkan. “Kita tunggu evaluasi dan laporan dari kepala kampung setempat dan jumlah pasti warga yang menjadi korban puting beliung. Semua kita atasi dengan gotong royong,” tegasnya.

Diketahui, dua kecamatan di Tulangbawang Rabu sore sekira pukul 14.30 WIB diterjang angin puting beliung. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi