oleh

Banjir Rob Rendam Ratusan Rumah

radarlampung.co.id – Ratusan rumah warga yang ada di jalan Ikan Selar, Sukaraja, Telukbetung Selatan, Bandarlampung, terendam banjir Rob, sekitar pukul 07:00 WIB, Sabtu (24/5).

Pantauan Radarlampung.co.id, Minggu (25/5), ketinggian air masih mencapai hingga 50 cm. Terlihat warga masih membersihkan air-air yang masuk kedalam rumahnya, tak jarang warga membiarkan rumahnya terendam air karena kondisinya masih tinggi, di empat RT yakni RT 06, 07, 08, 09.

“Air sudah masuk ke rumah dan sampai saat ini kondisinya masih seperti ini (tergenang, red), sekitar 300 rumah disini kerendam,” kata salah satu tokoh masyarakat Marto.

Menurutnya, banjir ini merupakan banjir Rob terparah dibandingkan lima tahun lalu. Dimana, air yang masuk ke rumahnya sengaja dibiarkan melihat kondisi air belum juga surut.

“Kami pasrah aja, nggak ditutup pintunya pakai apa-apa, jadi dibiarin aja kalau udah agak surut baru kita bersihin,” ungkapnya.

Sementara, Ketua RT 09 Kelurahan Sukaraja, Dian Oktavia Djano mengatakan banjir kali ini cukup mengejutkan. Biasanya, banjir rob terjadi jika laut pasang, hanya rumah yang bersampingan dengan laut saja.

“Biasanya itu magrib pas bulan purnama air itu naik paling cuma semata kaki, ini kok naik subuh dan pagi masuk rumah warga dan merata semua rumah di RT saya kena dampak, 55 rumah, sampai selutut dan sekarang sudah sebetis,” terangnya.

Meski begitu, dirinya masih bersyukur banjir rob kali ini tidak diselingi angin kencang ataupun hujan deras. Ia memprediksi banjir akan terus berlanjut hingga esok hari.

“Tahun ini pagi datangnya, bersyukur ga ada hujan dan angin kalau ga roboh semua rumah yang dipinggir laut itu. Biasanya sekitar jam 2 siang air bakal surut dan besok sepertinya akan lebih tinggi lagi,” tandasnya.

Terpisah, ketua RT 06, Sukanta, mengaku sudah tiga hari banjir rob melanda wilayahnya. Namun tidak masuk sampai rumah dan hanya lewat siring. “Disini ada 60 rumah yang terdampak,” tuturnya.

Di Gudang lelang, Bumi Waras, Bandarlampung genangan air juga turut terlihat membesihkan air yang masuk ke dalam rumah.(Mel/yud)

Komentar

Rekomendasi