oleh

Waspada, Banjir Rob Diprediksi Berlangsung Hingga 4 Hari Kedepan

Waspada, Banjir Rob Diprediksi akan Berlangsung Hingga 4 hari kedepan

radarlampung.co.id – Badan Meterologi Klimatologi dan Gefisika (BMKG) Maritim Panjang, memprediksi banjir Rob akan terus berlangsung hingga empat hari kedepan, di hampir seluruh wilayah Pesisir Pantai Lampung.

Kepala BMKG Maritim Panjang, Andi Cahyadi mengatakan, beberapa hari kedepan, fenomena tingginya air pasang atau biasa disebut banjir Rob akan terus mendatangi perairan Lampung seperti Pesawaran, Tanggamus, Lampung Selatan, Pesisir Barat termasuk Bandarlampung.

“Kalau melihat fenomena di lautnya masih tinggi, mungkin tiga sampai empat hari kedepedan masih akan banjir Rob, biasanya mengikuti siklus pasang seperti ini,” katanya, Selasa(26/5).

Menurutnya, dari hasil pantauan, tinggi gelombang pasang masih sangat terlihat jelas dalam beberapa hari ini yakni sekitar 1 hingga 2,5 meter, ini diakibatkan effect Siklon Tropis Mangga yang terjadi beberapa hari lalu. Selain itu air pasang terjadi juga karena fase bulan baru. yang pada beberapa kesempatan memicu kenaikan pasang, dan airnya cukup lama untuk surut.

“Air akibat Rob kemungkinan Surut agak lama. mengingat kondisi gelombang laut juga lagi tinggi, untuk itu masyarakat diminta berhati-hati untuk dampak yang ditimbulkan,”tandasnya.(Mel/yud)

Komentar

Rekomendasi