oleh

Alhamdulillah, Hasil Swab 14 Warga Tanggamus Negatif

radarlampung.co.id – Hasil Swab terhadap 14 orang di Tanggamus, non reaktif atau negatif. Pemeriksaan dilakukan terhadap orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 asal kabupaten itu. Kemudian pegawai PT Pelindo/Pelabuhan Kapal Teluk Semaka.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus Dewi Handajani mengatakan, berdasar hasil pemeriksaan UPTD Balai Laboratorium Lampung, 13 sampel dinyatakan non reaktif atau negatif.

“Pemeriksaan Swab ini merupakan tindak lanjut dari tracking, menyusul kasus positif Covid-19 di Tanggamus,” kata Dewi Handajani dalam konferensi pers di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tanggamus, Rabu (27/5).

Dari hasil penelusuran terhadap kontak, tim Gugus Tugas Covid-19 telah melakukan rapid tes kepada 25 orang. Baik keluarga maupun orang-orang yang berhubungan langsung dengan almarhum. Termasuk orang yang mengurus jenazah.

“Hasil seluruhnya non reaktif,” sebut dia. Tes Swab juga dilakukan kepada pegawai Pelabuhan Kapal Teluk Semaka Tanggamus.

Dewi meminta masyarakat tenang dalam menyikapi adanya pasien positif Covid-19. Terpenting, menerapkan protokol kesehatan.

Memakai masker saat keluar rumah, selalu menjaga jarak, hindari keramaian atau kerumunan dan biasakan selalu mencuci tangan dengan sabun serta air mengalir.

“Apabila masyarakat merasa ada gejala-gejala seperti batuk dan sesak nafas, segera menghubungi aparat pekon atau tim gugus tugas. Petugas kesehatan untuk dilakukan telusur dan monitoring status kesehatan,” tegasnya.

Lebih jauh Dewi meminta masyarakat memberikan support kepada keluarga yang terkonfirmasi atau terindikasi Covid-19.

“Jangan mengucilkan atau menghindari mereka secara berlebihan. Selain itu, saya juga meminta jajaran Gugus Tugas Covid-19 tingkat pekon atau kecamatan agar membantu memfasilitasi kebutuhan keluarga mereka,” kata Dewi dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati AM Syafi’i, Kajari David P. Duarsa, Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, perwakilan Kodim 0424 dan polres. (ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi