oleh

Banjir Rob di Pasar Madang, Puluhan Rumah Teredam, Empat KK Mengungsi

radarlampung.co.id – Banjir Rob terjadi di Kapuran, Pasarmadang, Kecamatan Kotaagung, Tanggamus, Rabu pagi (27/5). Peristiwa yang terjadi untuk kali kedua ini merendam puluhan rumah pada tiga RT. Banjir juga menyebabkan sembilan rumah rusak.

Lurah Pasarmadang Dede Chandra mengatakan, air mulai masuk ke pemukiman pada pagi hari. Ini terjadi setelah air laut pasang.

Hempasan ombak juga menyebabkan rumah warga yang sebagian berbahan kayu rusak.

“Air pasang dan mulai tinggi sekitar pukul 09.00 WIB. Ketinggian air selutut orang dewasa. Padahal malamnya ketinggian air laut masih normal,” ujar Dede.

Dilanjutkan, puluhan rumah pada tiga RT terdampak. Yakni RT 10, RT 14 dan RT 16. Namun yang terdampak paling parah di RT 16.

“Di RT 16, ada sekitar 90 kepala keluarga (KK) terdampak. Sembilan rumah rusak karena material dari kayu tidak kuat menahan ombak. Kalau di RT lain, hanya tergenang dan masih didata. Belum diketahui berapa rumah terdampak di RT 10 dan RT 14,” urainya.

Dede melanjutkan, pihak kelurahan sudah berkoordinasi dengan BPBD. “Ada empat keluarga yang mengungsi ke tempat kerabat karena rumahnya sudah tidak bisa digunakan. Rusak parah. Kami juga berkoordinasi dengan BPBD agar mendirikan tenda darurat dan dapur umum,” pungkas Dede. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi