oleh

Banjir Rob Terjang Pesisir Bandarlampung

RADARLAMPUNG.CO.ID – Banjir rob menerjang kawasan pesisir Bandarlampung. Seperti yang terjadi di RT 04, Kelurahan Karang Maritim, Panjang. Air laut yang pasang bahkan sempat menggenangi kawasan padat penduduk ini pada Rabu (27/5).

Berdasarkan pantauan Radar Lampung, sejumlah rumah mengalami rusak ringan hingga berat. Seperti di RT 04 yang mengakibatkan jembatan yang menghubungkan rumah Zubaidah (33) dengan daratan hancur dihantam ombak. Beruntung, ia dan anak-anaknya sudah terlebih dahulu mengungsi sebelum air menerjang rumahnya.

“Kejadiannya tadi pagi sekitar jam 8 ombaknya tinggi. Untungnya saya sudah ngungsi ke rumah tetangga, karena takut hari ini ombaknya gede banget,” kata Zubaidah.

Tak berapa lama dia mengungsi, ombak seketika menghancurkan jembatan dari kayu yang menghubungkan rumahnya ke daratan. Kini, Zubaidah tak bisa kembali ke rumahnya. Dia pun mengharapkan bantuan.

Bagus Suhepi (45) warga lain mengungkap banjir rob sudah biasa bagi warga pesisir. Tapi menurutnya, tahun ini termasuk besar. “Beda dari tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Air, kata Epi, mulai meninggi sejak pukul 09.00 hingga 14.00 WIB. Ketinggian ombak bisa mencapai 4 meter. Banjir rob sudah berlangsung sejak hari raya Idul Fitri, Minggu (25/5). “Tapi hari ini puncaknya,” sambung pria berambut ikal ini.

Tak hanya rumah Zubaidah, air juga menghancurkan tembok dan pondasi rumah warga. Sebagian rumah yang berada di atas lautan juga mengalami rusak ringan seperti jebol di bagian dindingnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dan pantauan di lapangan, satu rumah di RT 06, Kelurahan Karang Maritim juga hancur tak tersisa dan tenggelam.
Kondisi ombak terpantau tinggi. (nca/sur)

Komentar

Rekomendasi