oleh

Miliki PCR, Tuba Terima Tes Swab Warga Luar, Tapi …

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemkab Tulangbawang kini telah memiliki alat kesehatan Polymerase Chain Reaction (PCR). Alat ini siap digunakan untuk mempercepat pemeriksaan Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulangbawang Fatoni mengatakan, alat ini telah ada di RSUD Menggala sejak 18 Mei lalu.

Alat tersebut, lanjut Fatoni, merupakan bantuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang kini dititipkan di RSUD Menggala.

“Iya, alhamdulillah kita sudah memiliki satu unit alat Tes Cepat Molekuler (TCM) atau PCR sendiri,” kata Fatoni, Rabu (27/5).

Sejak kedatangannya, alat tersebut telah digunakan untuk melakukan uji swab kedua terhadap pasien 01 klaster Temboro asal Tulangbawang.

Setelah itu, alat tersebut kembali digunakan untuk melakukan uji swab terhadap pasien 02 Tulangbawang pada 23 Mei lalu. Hasil uji swab pasien 02 Tulangbawang yang berasal dari Lampung Barat tersebut negatif.

“Kita sudah tahu orang tersebut positif atau negatif Covid-19, hanya membutuhkan waktu pemeriksaan 45 sampai 60 menit,” terangnya.

Kendati memiliki alat PCR sendiri, Fatoni mengungkapkan pemerintah daerah belum akan melakukan tes swab masal karena Tulangbawang masih dalam zona hijau. “Belum, karena kita masih (termasuk) zona hijau,” ungkapnya.

Selain digunakan untuk melakukan uji swab warga Tulangbawang, ungkap Fatoni, alat tersebut juga dapat digunakan untuk pemeriksaan sampel tes swab warga luar kabupaten.

“Tapi tetap, untuk dapat melakukan uji swab warga di luar Tulangbawang harus melalui persetujuan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung,” tandasnya. (nal/sur)

Komentar

Rekomendasi