oleh

Nekat Mudik, ASN Bawaslu Bisa Turun Pangkat

radarlampung.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Lampung mewarning seluruh jajaran ASN baik di lingkungan sekretariat Bawaslu Provinsi maupun kabupaten/kota. Warning tersebut terkait larangan ke luar daerah atau mudik semasa lebaran 1441 Hijriah.

Ketua Bawaslu Provinsi Lampung,  Fatikhatul Khoiriyah mengatakan,  berdasarkan surat edaran Bawaslu RI,  semua diminta untuk stay at home. Di mana hal tersebut dilakukan untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Sesuai dengan SE Bawaslu RI,   dilarang mudik atau keluar daerah, ” ucapnya,  Rabu (27/5).

Khoir -sapaanya,  melanjutkan,  arahan Bawaslu RI bakal memberikan punishment terhadap ASN ya g melanggar ketentuan itu. Berdasarkan PP 53 tahun 2010 tentang Disiplin PNS,  ada beberapa ketentuan yang harus diterima jika ASN di lingkungan sekrwtariat Bawaslu tetap nekat mudik.

Pertama,  penundaan kenaikan gaji berkala, kemudian penundaan kenaikan pangkat,  penurunan pangkat satu tingkat selama satu tahun,  penurunan pangkat satu tingkat selama tiga tahun,  penurunan jabatan setingkat lebih rendah,  dan pembebasan dari Jabatan. “Untuk itu kami juga sudah mewanti-wanti terhadap teman-teman, ” kata dia.

Dia mengatakan sampai saat ini memang belum ada laporan yang masuk terkait ASN yang melakulan pelanggaran ketentuan mudik tersebut. Dia menjelaskan pihaknya menampung semua informasi jika ada oknum ASN yang nekat melanggar mudik atau tetap ke luar daerah selama lebaran. “Untuk saat ini memang belum ada laporan. Tapi,  jika memang ada,  ya laporkan saja, ” kata dia. (abd/wdi)

Komentar

Rekomendasi