oleh

Biaya UTBK Kembali Turun, Lokasi Tes Libatkan Dua Kampus

RADARLAMPUNG.CO.ID – Biaya pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 kembali turun menjadi Rp150 ribu. Sebelumnya, pada awalnya biaya pendaftaran UTBK sebesar Rp200 ribu turun menjadi Rp175 ribu, dan saat ini menjadi Rp150 ribu.

Humas Badan Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung (Unila) M. Komarudin menuturkan, panitia pusat menurunkan biaya pendaftaran UTBK untuk SBMPTN menjadi Rp150 ribu.

“Tentunya penurunan itu dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Salah satunya untuk membantu masyarakat pada kondisi pandemi, sehingga biaya pendaftaran UTBK menjadi Rp150 ribu rupiah,” ujarnya, Rabu (27/5).

Dikatakannya, bagi peserta pemilik nomor pendaftaran KIP Kuliah tidak dikenakan biaya pendaftaran untuk mengikuti UTBK.  “Peserta yang bebas biaya mendaftar dengan KIP-K telah ditentukan oleh Kemendikbud,” imbuhnya.

Kemudian, lanjutnya, pendaftraan UTBK SBMPTN 2020 akan dimulai pada 2–20 Juni mendatang. Peserta diminta untuk memilih dua program studi pada perguruan tinggi tujuan.

“Peserta bisa memilih lokasi paling dekat dengan tempat tinggal. Ada 74 pusat UTBK-SBMPTN pada tahun ini. Untuk di Lampung akan dipusatkan di Unila dan Itera,” katanya.

Terpisah, Ketua Panitia PMB Itera Irfanianta Arif Setyawan mengatakan, Itera menyiapkan 22 ruangan setiap sesinya untuk tes UTBK mendatang. Itera menjadi salah satu lokasi untuk pelaksanaan tes UTBK.

“Di Lampung pusat UTBK-nya ada dua, Unila dan Itera. Tahun ini Itera tidak menggunakan mitra, semua komputer dan pelaksanaannya terpusat di Itera. Itera menyiapkan 22 ruangan,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi