oleh

Disdikbud Kaji Skenario KBM

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung tengah mengkaji skenario pendidikan awal tahun pelajaran 2020/2021.

Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan langkah-langkah mengantisipasi siswa kembali belajar di sekolah. Sekolah harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara detail terhadap siswa maupun guru.

“Artinya termasuk tempat duduk antar siswa juga harus diberi jarak, sekitar satu sampai dua meter,” ujarnya, Kamis (28/5).

Kemudian, lanjutnya, selain penerapan protokol kesehatan juga akan diterapkan untuk kegiatan belajar mengajar seperti pembatasan jam belajar dan pembatasan jumlah siswa dalam kelas.

“Nah ini yang akan kita bahas nanti saat vicon dengan kepala sekolah Rabu mendatang. Apakah kita akan menggunakan pola pembelajaran dengan shift-shiftan pagi dan sore, atau pergantian masuk, misalnya hari ini kelas X masuk sekolah, kelas XI dan XII pembelajaran daring, atau seperti apa. Kita akan bicarakan dengan teman-teman kepala sekolah pola apa yang tepat,” katanya.

Ya, Disdikbud Lampung berjanji bakal benar-benar menyiapkan mekanisme protokol kesehatan sampai sedetail-detailnya hingga kotak sampah khusus masker sekali pakai.

“Ini harus dilakukan dengan benar-benar secara teknis, protokol kesehatan diatur sedetail mungkin,” imbuhnya.

Ia menambahkan, penilaian akhir semester atau ujian semester pada 2 Juni hingga 13 Juni yang tidak dilaksanakan dengan mengumpulkan peserta didik. Kemudian, libur akhir semester pada 22 Juni hingga 12 Juli 2020. Sedangkan ketetapan dimulainya masuk sekolah atau pelaksanaan belajar dengan daring berikutnya akan ditetapkan kemudian dengan memperhatikan situasi perkembangan covid 19 di Lampung atau mengikuti ketetapan secara nasional oleh Pemerintah Pusat.

“Kan kita sudah atur sampai dengan 12 Juli. Setelah 12 Juli, apa lanjut dengan pola daring atau memberlakukan new normal yang tadi, kita akan konsultasikan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sampai saat ini belum ada instruksi untuk memberlakukan bahwa anak sekolah sudah kembali ke sekolah,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi