oleh

Soal Haji Tahun Ini Kemenag Tunggu Pengumuman Arab Saudi

radarlampung.co.id-Kepastian ada tidaknya penyelenggaraan haji tahun 1441 H/2020 M ini masih menunggu kepastian Pemerintah Arab Saudi. Kantor Wilayah Kementerian Agama Lampung juga menunggu Pemerintah Indonesia mengenai keputusan Pemerintah Arab Saudi tersebut. Di mana, informasinya bakal di umumkan pada 1 Juni mendatang.

Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kemenag Lampung H. M. Ansori Kamis (28/5) melalui sambungan telefon selulernya mengatakan kepastian penyelenggaraan haji memang belum diterima pihaknya.  Karena sempat ada informasi keputusan penyelenggaraan ibadah haji ini beberapa waktu lalu namun terus mengalami kemunduran waktu.

“Kami masih menunggu kan katanya (pengumumannya) tanggal 12, 20, tapi ini mundur lagi, katanya tanggal 1 Juni. Jadi saat ini, pemerintah Indonesia menunggu pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaannya ada atau tidak bagaimana pelaksanaannya juga,” beber Ansori.

Hingga saat ini dari total kuota Provinsi Lampung sebanyak 7040 orang, masih ada yang belum pelunasan biaya haji. “Kalau saat ini pelunasan masih diperpanjang sampai 29 Mei, Allahu alam kalau ada perpanjangan pelunasan lagi atau tidak.  Dari total 7040 kuota tahun ini, yang belum pelunasan data dua hari lalu itu kurang 360 lebih. Tapi kebanyakan cadangan yang melakukan pelunasan,” tambahnya.

Dari informasi  yang diperolehnya, saat ini kondisi Arab Saudi sudah diberlakukan beberapa hal terkait dampak Covid-19. “Jadi informasi dari rapat virtual kemarin, tanggal 3 Syawal (Selasa, 26/5) Pemeri Arab Saudi sudah mulai membuka daerah-daerah, termasuk pertokoan. Dan rencananya pada 8 syawal, mesjid-mesjid sudah bisa menjalankan sholat Jumat berjamaah. Tapi untuk di Makkah Al Mukaromah  masih pengecualian,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi